Seberapa Penting Kualitas Udara yang Kita Hirup?

Ke manapun Anda pergi -di dalam rumah, di luar rumah, di atas gunung, jauh di dalam tambang batubara, Anda akan selalu dikelilingi oleh lautan gas. Lautan ini disebut udara, atau atmosfer. Gas-gas atmosfer tidak dapat dilihat, dan kita jarang menyadari kehadirannya. Tapi atmosfer sangatlah penting. Tanpa atmosfer, manusia, hewan, dan tumbuhan tidak akan bisa hidup. Yang hampir sama pentingnya adalah kualitas atmosfer -entah itu murni atau tercemar (yang berarti tidak murni).

Polusi UdaraAtmosfer terdiri terutama atas gas nitrogen dan oksigen, bersama-sama dengan uap air dan sejumlah kecil karbon dioksida dan gas lainnya. Tapi semua udara mengandung sejumlah kotoran. Di daerah pedesaan, yang jauh dari pabrik dan lalu lintas yang padat, udara mungkin mengandung serbuk sari dari tanaman, debu dari tanah, dan bahkan bakteri. Kotoran ini biasanya begitu kecil jumlahnya sehingga tidak terlalu penting.

Udara dikatakan tercemar jika mengandung cukup kotoran berbahaya yang mempengaruhi kesehatan, keselamatan, atau kenyamanan makhluk hidup. Kotoran, atau polutan, bisa berupa partikel kecil dari materi atau gas yang tidak ada dalam udara bersih. Dan polutan itu sebenarnya bisa muncul di mana-mana.

Ketika orang-orang bernapas, polutan di udara dapat tersimpan di paru-paru atau diserap ke dalam tubuh. Dan polusi udara dapat membahayakan hewan dan tumbuhan serta manusia. Karena alasan inilah, pasokan udara kita harus diawasi secara ketat dan dikelola dengan baik untuk menjamin kualitas yang baik. Jadi jika ditanya seberapa penting kualitas udara bagi kita, jawabannya adalah: SANGAT PENTING!

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s