Di Mana Letak Gen Makhluk Hidup?

Satu molekul DNA dapat berisi ribuan gen. Molekul membentuk bagian panjang menyerupai benang dari sel yang disebut kromosom (dari kata Latin yang berarti “tubuh berwarna”). Jika sebuah sel diwarnai dengan pewarna tertentu, kromosom dapat dengan mudah dilihat di bawah mikroskop. Ketika sel membelah, kromosom biasanya terlihat.

Gen DNADalam organisme bersel satu primitif seperti bakteri, gen biasanya terletak pada kromosom melingkar tunggal dan juga pada cincin DNA yang disebut plasmid. Dalam organisme yang lebih maju, dari amuba hingga manusia, gen terletak pada sejumlah kromosom di bagian sel yang disebut nukleus.

Pada manusia dan hewan, kromosom ditemukan di setiap sel dalam tubuh, kecuali sel darah merah (satu-satunya jenis sel yang tidak memiliki nukleus). Dalam kebanyakan sel-sel tubuh, yang disebut sel somatik, kromosom muncul berpasangan, sama ukuran dan bentuknya. Setengah dari kromosom berasal dari ibu, dan setengah lainnya dari ayah.

Spesies yang berbeda dapat memiliki jumlah kromosom yang berbeda di sel mereka. Lalat buah hanya memiliki 4 pasang. Jagung memiliki 10 pasang. Manusia memiliki 23 pasang kromosom, atau total 46, di sebagian besar dari sekitar 100 triliun sel tubuh kita. Pengecualian adalah sel germinal (sperma dan telur), yang masing-masing hanya memiliki 23 kromosom. Ketika sperma dan sel telur bergabung, sel yang dihasilkan (disebut embrio) berisi seperangkat 46 kromosom lengkap. Ketika sel membelah diri menjadi banyak sel, setiap sel baru embrio berisi salinan dari 46 kromosom asli.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s