Mengenal Seluk Beluk Burj Khalifa

Burj Khalifa, di Dubai, Uni Emirat Arab, adalah bangunan tertinggi di dunia. Bangunan ini memiliki 163 lantai dan tingginya mencapai 2.716 kaki (828 meter). Burj Khalifa selesai dibangun pada tahun 2010 dan menelan biaya sebesar 1,5 miliar dolar AS. Pada puncak kegiatan, konstruksi gedung ini melibatkan lebih dari 12.000 pekerja.

Burj KhalifaKata ‘burj’ dalam bahasa Arab berarti ‘menara’. Sebelum pembangunan selesai, gedung ini dikenal dengan nama Burj Dubai. Ia kemudian berganti nama sesuai nama presiden Uni Emirat Arab, Khalifa bin Zayed Al Nahayan.

Emaar Properties adalah perusahaan yang memiliki bangunan ini. Perusahaan arsitektur Amerika Serikat, Skidmore, Owings & Merrill, adalah perancangnya. Gedung pencakar langit ini dibalut panel yang terbuat dari aluminium, stainless steel, dan kaca reflektif. Desain ini memanfaatkan serangkaian setback, yaitu konstruksi bertingkat menyerupai tangga. Setback ini memberikan penampilan menara bertumpuk ketimbang sebuah poros tunggal.

Desain keseluruhan Burj Khalifa mirip dengan ide yang diusulkan oleh arsitek terkenal Amerika, Frank Lloyd Wright. Ide Wright sendiri, gedung pencakar langit setinggi 1 mil (1,6 kilometer) yang disebut Illinois, tidak pernah dibangun.

Tidak seperti banyak gedung pencakar langit lainnya, Burj Khalifa tidak memiliki kerangka baja. Bangunan ini ditopang oleh inti beton bertulang yang dicor di atas situs. Struktur beton memberikan penampilan mengesankan pada bangunan ini. Burj Khalifa adalah bangunan multi guna. Gedung ini berisi sebuah hotel, apartemen, dan suite perusahaan. Gedung ini juga memiliki sebuah restoran, pusat komunikasi dan penyiaran, serta beberapa lobi di lantai atas.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s