Benarkah Punuk Unta Isinya Air?

punuk-unta

Unta adalah mamalia besar yang hidup sampai lima puluh tahun, unta dapat makan hampir apa saja dan dapat hidup dalam kondisi yang sangat kering. Ada dua spesies yang berbeda dari unta: Camelus dromedarius (atau dromedaris) dan Camelus bactrianus, yang pertama memiliki satu punuk besar di punggungnya dan yang terakhir memiliki dua punuk. Unta adalah satu-satunya hewan dengan karakteristik ini.

Setiap punuk di punggung unta dapat memiliki berat hingga 34 kg dan berisi lemak, benjolan berdaging (bukan air, seperti yang kebanyakan dipercayai orang- orang ), yang memungkinkan unta bertahan sampai dengan dua minggu tanpa makanan atau air.

Fitur yang menonjol ini adalah akibat langsung dari ketidakmampuan unta untuk menyimpan lapisan lemak di bawah kulitnya; sebaliknya, lemak terakumulasi dalam punuk di punggungnya. Ketika makanan dan air sangat langka, unta menggunakan lemak untuk energi dan makanan, dan, sebagaimana lemak telah digunakan oleh unta, punuk unta menjadi semakin kendur dan menyusut. Setelah unta makan dan minum lagi, punuk mengisi ulang persediaan lemak dan kembali ke ukuran normal.

Punuk unta juga berfungsi sebagai sumber air. Ketika lemak dari punuk diuraikan, hidrogen dilepaskan, yang kemudian dikombinasikan dengan oksigen untuk membentuk air. Setelah sekian waktu yang lama tanpa air, unta akan minum hingga tiga puluh galon sekaligus saat menemukan sumber air.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s