Sekelumit Fakta Tentang Benua Asia

Asia adalah yang benua paling besar dan paling padat penduduknya di dunia. Benua raksasa ini menempati hampir sepertiga dari jumlah permukaan tanah bumi dan merupakan tempat tinggal bagi sekitar 60 persen penduduk dunia. Asia dibatasi di tiga sisinya oleh samudera (dan berbagai laut): Samudra Arktik di utara, Samudra Pasifik di sebelah timur, dan Samudra Hindia di sebelah selatan.

AsiaDi sebelah barat batas tradisional ada pegunungan dan perairan yang memisahkannya dari Eropa. Terusan Suez membagi Asia dari Afrika di barat daya; dan Selat Bering yang sempit, yang menghubungkan Kutub Utara dan lautan Pasifik, memisahkannya dari Amerika Utara.

Asia adalah benua yang sangat ekstrem. Benua ini memiliki puncak gunung tertinggi di dunia, Everest, di perbatasan antara Tibet, wilayah China, dan Nepal. Asia juga memiliki titik terendah di permukaan bumi, yakni garis pantai Laut Mati, di perbatasan Israel-Yordania. Asia memiliki banyak daerah yang paling padat penduduknya di dunia, termasuk dua negara yang paling padat penduduknya, China dan India. Pada saat yang sama, daerah-daerah besar Asia yang terlalu kering, terlalu dingin, atau terlalu berpegunungan untuk mendukung apapun memiliki sedikit penduduk.

Asia adalah tempat kelahiran peradaban paling awal dan agama-agama utama di dunia. Benua ini adalah bekas situs kerajaan besar yang kaya akan prestasi budaya dan ilmiah. Kekaisaran besar ini menurun dengan munculnya kekuatan negara-negara Eropa, beberapa memerintah wilayah besar Asia sebagai koloni hingga pertengahan dekade l900-an. Berakhirnya kekuasaan kolonial menandai munculnya negara-bangsa Asia masa kini.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

2 thoughts on “Sekelumit Fakta Tentang Benua Asia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s