Mengenal Kota Kolkata di India

Kolkata adalah kota pelabuhan yang besar dan ibukota negara bagian Bengal Barat. Sampai tahun 2001, kota ini disebut Kalkuta. Kolkata adalah pusat industri, komersial, dan budaya dari India timur. Kota ini membentang di sepanjang tepi timur Sungai Hooghly di delta Sungai Gangga dan terletak sekitar 129 kilometer di utara Teluk Benggala.

KalkutaDengan populasi lebih dari 4 juta, Kolkata adalah kota terbesar ketiga di India. Lebih dari 13 juta orang tinggal di daerah metropolitan yang lebih besar. Ini adalah daerah metropolitan terbesar kedua di India, setelah Mumbai (Bombay).

Kolkata adalah pusat intelektual dan budaya. Perpustakaan Nasional memiliki koleksi buku dan dokumen terbesar di India. Universitas Calcutta, didirikan pada tahun 1857, adalah salah satu universitas terbesar di dunia.

Di tengah Kolkata adalah Maidan, sebuah taman besar yang berbatasan dengan Sungai Hooghly. Seluruh keluarga bermain dan berpiknik di taman. Berhadapan dengan sebuah danau kecil di taman adalah Victoria Memorial. Gedung marmer putih ini dibangun pada tahun 1905 untuk menghormati Ratu Victoria dari Inggris, yang pernah menjadi penguasa India.

Kolkata adalah kota yang kontras. Ada jalan lebar dengan rumah-rumah putih besar dan rumput hijau. Ada juga jalan-jalan sempit berkelok-kelok di mana orang-orang hidup berkumpul bersama. Kota ini memiliki kekurangan perumahan yang parah.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s