Bahasa, Agama, Pendidikan, dan Cara Hidup Jamaika

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi Jamaika. Namun, sebagian besar penduduk pedesaan berbicara dalam dialek Creole (campuran). Dialek ini berasal dari bahasa Inggris Elizabethan (1500-an), Perancis, Spanyol, dan Afrika.

JamaikaKebanyakan orang Jamaika memeluk Protestan. Kelompok agama lain adalah Katolik Roma, Islam, Hindu, Yahudi, dan Baha’i. Ada juga berbagai kelompok Afro-Karibia, yang paling menonjol adalah Rastafarian, yang memuja mantan kaisar Ethiopia Haile Selassie.

Pendidikan dasar gratis dan wajib sampai usia 15 tahun, meskipun penegakannya bervariasi. Siswa menghadiri sekolah menengah hingga tujuh tahun. Jamaika memiliki beberapa perguruan tinggi, seperti University of the West Indies dan University of Technology, keduanya di Kingston, dan orthern Caribbean University di Mandeville. Institute of Jamaica di Kingston memiliki perpustakaan nasional dan museum sejarah, seni, dan sejarah alam Jamaika.

Kebanyakan orang Jamaika adalah urban. Tapi banyak juga yang berprofesi sebagai petani. Beberapa mengelola tanah pertanian kecil mereka sendiri, sementara yang lain bekerja di perkebunan tebu, pisang, atau kopi. Kebanyakan orang Jamaika lainnya bekerja di industri pariwisata dan jasa lainnya, pemerintah, serta di bidang manufaktur dan pertambangan.

Kemiskinan tersebar luas, dan kelebihan populasi juga menjadi masalah. Banyak orang Jamaika telah pergi ke Inggris, Amerika Serikat, dan negara-negara lain untuk mencari pekerjaan. Meski emigrasi telah membantu meringankan tekanan penduduk, emigrasi juga telah memiliki kekurangan. Banyak warga pulau yang berpendidikan baik telah meninggalkan Jamaika.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s