Sejarah Singkat Kota Pelabuhan Genoa di Italia

Sejak masa 400 SM, Genoa telah dihuni oleh orang-orang pra-Romawi yang dikenal sebagai Ligurian. Sekitar 200 tahun kemudian, Genoa menjadi pelabuhan penting dari Kekaisaran Romawi. Tapi setelah jatuhnya Romawi pada tahun 400-an M, Genoa diserbu oleh berbagai bangsa Jerman dan Arab.

Kota GenoaKota ini mulai berkembang sekali lagi pada 900 M. Pada akhir tahun 1200-an, Genoa telah menjadi salah satu kota paling besar dan paling makmur di Eropa, dengan kerajaan perdagangan yang membentang dari Afrika Utara ke Laut Hitam.

Tapi perselisihan politik internal bersama dengan kekalahan dari Venesia dalam pertempuran laut di 1380 membawa Genoa pada periode dominasi asing. Perancis, Milan, dan Spanyol masing-masing pernah menguasai kota ini di berbagai masa.

Pada tahun 1528, di bawah kekuasaan besar negarawan Renaisan Andrea Doria, Genoa kembali mendapatkan kemerdekaan. Ini berlangsung sampai tahun 1797, ketika Perancis di bawah pimpinan Kaisar Napoleon menegaskan kembali kekuasaannya atas Genoa. Pada tahun 1815, setelah Perang Napoleon, kota ini dianeksasi ke dalam kerajaan Sardinia. Pada tahun 1861, Genoa dimasukkan ke dalam kerajaan baru Italia bersatu.

Kota ini rusak berat akibat serangan bom selama Perang Dunia II (1939-1945). Tapi Genoa dengan cepat dibangun kembali, dan segera kembali menduduki posisinya sebagai pelabuhan utama di Laut Mediterania. Genoa kini telah menjadi salah satu kota pelabuhan tersibuk di Italia.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s