Sejarah Lukisan di Abad Pertengahan

Pada Abad Pertengahan, dari sekitar tahun 400 hingga 1400, seni diproduksi terutama untuk memuliakan Tuhan dan mengajarkan agama. Lukisan dan gambaran dijadikan ilustrasi Alkitab dan buku doa yang diproduksi oleh biarawan. Manuskrip berhias yang indah ini ditulis tangan di atas vellum (kulit anak sapi), dan kemudian, di atas kertas.

LukisanGambar dan lukisan yang dibuat untuk keluarga raja mencakup lukisan miniatur yang dihiasi dengan emas. Sedangkan lukisan untuk orang-orang biasa dihiasi dengan pena dan tinta. Bentuk linear datar sering menyerupai pola hias yang dibuat oleh pengrajin logam.

Lukisan digunakan dalam tahap persiapan dari karya seni selama Abad Pertengahan, tetapi hanya sedikit bertahan. Kertas belum dibuat di Eropa sampai tahun 1100, dan pada awalnya kertas mahal dan sulit diperoleh. Seniman terkadang melukis pada kulit binatang seperti perkamen atau vellum, tapi ini juga mahal.

Selama berabad-abad, seniman membuat gambar persiapan mereka pada tablet atau papan yang terbuat dari batu tulis, kayu, atau lilin. Tablet ini bisa dibuang atau digunakan kembali. Beberapa pelukis membuat gambar persiapan mereka langsung pada panel atau dinding yang akan dicat, yang kemudian ditutupi dalam tahap akhir pelukisan.

Lukisan memiliki fungsi penting lain selama Abad Pertengahan. Mereka membantu seniman mencatat gambar-gambar yang sering mereka gunakan. Lukisan pena dan tinta dari tokoh manusia, kostum, tumbuhan dan hewan, dan berbagai bentuk lainnya dikumpulkan dalam buku model. Seniman kemudian menyalin gambar ketimbang mengerjakannya langsung dari model hidup atau dari alam.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s