Sejarah Singkat Negara St. Lucia

St. Lucia pertama kali diduduki oleh orang-orang Indian Karibia. Diperkirakan bahwa Christopher Columbus mengunjungi pulau ini di tahun 1502. Tapi penghuninya menolak upaya awal penjajahan orang Eropa. Pulau ini berada di bawah kekuasaan Inggris pada tahun 1803.

St LuciaSt. Lucia adalah bagian dari koloni Kepulauan Windward Inggris sampai koloni dibubarkan pada tahun 1959. Penduduk pulau ditingkatkan kekuasannya atas urusan lokal. Pemerintahan sendiri yang penuh muncul pada tahun 1967, tetapi pemerintah Inggris tetap bertanggung jawab untuk urusan pertahanan dan luar negeri St. Lucia.

John G.M. Compton, kepala Partai Serikat Pekerja (UWP) dan pemimpin gerakan kemerdekaan, adalah perdana menteri pada saat kemerdekaan pada tahun 1979. Pada pemilu yang diadakan akhir tahun itu, Partai Buruh St. Lucia (SLP) memenangkan mayoritas kursi di House of Assembly, dan pemimpinnya, Allan Louisy, menjadi perdana menteri. Compton kembali menjadi perdana menteri periode 1982-1996 dan sempat digantikan oleh Vaughn Lewis.

SLP, dipimpin oleh Kenny Anthony, merebut kemenangan yang menentukan pada tahun 1997 dan 2001. Namun pada tahun 2006, UWP kembali berkuasa, dan Compton kembali menjadi perdana menteri. Stephenson King mengambil alih posisi perdana menteri saat Compton meninggal dunia pada tahun 2007. Pada tahun 2011, Kenny Anthony sekali lagi menjadi perdana menteri.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

One thought on “Sejarah Singkat Negara St. Lucia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s