Seluk Beluk Negara Kepulauan St. Lucia

St. Lucia adalah sebuah negara kepulauan di Laut Karibia. Negara ini adalah yang terbesar kedua dari Kepulauan Windward, yang membentuk bagian dari gugusan pulau-pulau Lesser Antilles di Hindia Barat. Setelah dihuni oleh Indian Karibia, St. Lucia dijajah oleh Perancis dan kemudian oleh Inggris, yang memperoleh kepemilikan atas pulau ini di awal 1800-an.

CastriesSt. Lucia mendapatkan kemerdekaan penuh dari Inggris pada tahun 1979. Negara ini sekarang menjadi monarki konstitusional dalam Commonwealth of Nations. St Lucia tergabung dalam Organisasi Negara Karibia Timur (OECS), yang anggotanya meliputi Antigua dan Barbuda, Dominika, Grenada, Montserrat, St. Kitts dan Nevis, dan St. Vincent dan Grenadines. Markas OECS berada di Castries, ibukota St. Lucia.

St. Lucia adalah pulau pegunungan dengan keindahan daratan yang tidak rata. Puncak tertingginya, Morne Gimie (atau Gunung Gimie), menjulang setinggi 3.145 kaki (959 meter). Di pantai barat daya, puncak dua gunung berapi -Gros Piton dan Petit Piton- menjulang dengan megahnya dari laut. Banyak dari lanskap St. Lucia ditutupi oleh kehijauan yang subur.

St Lucia memiliki iklim tropis, dengan suhu tahunan rata-rata berkisar 79 °F (26 °C). Curah hujan melimpah dan jatuh paling banyak di lereng gunung yang tinggi. Seperti pulau-pulau Karibia lainnya, St. Lucia menjadi sasaran badai, yang seringkali berubah menjadi destruktif.

Castries adalah ibukota sekaligus kota terbesar St. Lucia, di samping juga pelabuhan utama. Kota ini terletak di pelabuhan alam di pantai barat laut. Castries mencakup area seluas 30,5 mil persegi (79 km persegi). Pada tahun 2001, populasi kota ini mencapai 11.092 jiwa.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s