Bagaimana Awal Mula Napoleon Meraih Ketenaran?

Pada tahun 1793, Napoleon I pergi ke Paris untuk menjalankan tugasnya. Ini adalah masa yang genting dalam sejarah Perancis. Revolusi Perancis, perang saudara dahsyat yang dimulai pada tahun 1789, telah membawa Prancis ke dalam perang melawan Austria, Prusia, Inggris, Belanda, dan Spanyol.

NapoleonNapoleon dikirim ke kota Perancis, Toulon. Kota ini merupakan pangkalan angkatan laut Perancis yang penting di Laut Mediterania yang telah disita oleh pasukan anti-revolusioner dan diserahkan kepada Inggris. Ditempatkan dalam pasukan artileri, Napoleon merencanakan untuk merebut kembali pangkalan tersebut. Pada usia 24 tahun ia dipromosikan menjadi brigadir jenderal.

Pada bulan Maret tahun 1796, Napoleon diberi komando atas tentara Perancis di Italia. Di sana, keberhasilan spektakulernya membawa akuisisi atas Lombardy, kota Nice, dan duchy Savoy. Kemudian pada tahun 1797 ia menyeberangi Alpen untuk bergerak menuju Wina, ibukota Austria. Austria menyerukan gencatan senjata dan menyerahkan beberapa wilayah ke Prancis, terutama provinsi Belgia. Pada saat itu, Napoleon telah menjadi terkenal.

Dalam skema beraninya untuk memperluas kekuasaan atas Eropa, Napoleon menyerbu Mesir pada tahun 1798. Ia mengalahkan Mameluke, kavaleri Mesir, dalam pertempuran Shubra Khit dan Embabeh (atau Pertempuran Piramida). Tapi Napoleon bukan sekedar penakluk belaka. Setelah menyerbu Mesir, ia mensponsori sebuah program utama studi intelektual dan arkeologi di negara tersebut. Ia kemudian berusaha untuk memperkenalkan reformasi sosial. Meskipun sukses di darat, Napoleon dikalahkan di laut dalam Pertempuran Sungai Nil. Kala itu, armada Perancis hampir dihancurkan oleh laksamana Inggris yang paling terkenal, Horatio Nelson.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s