Apa yang Terjadi Ketika Napoleon Memerintah Perancis?

Pada tahun 1799, Napoleon kembali ke Paris. Dan pada tanggal 9 November di tahun itu, dengan bantuan para pengikutnya, ia menggulingkan pemerintah Perancis yang tidak populer dalam peristiwa yang sekarang dikenal sebagai Coup d’État of 18 Brumaire. Sebuah konsulat yang terdiri atas tiga orang dibentuk untuk memerintah Perancis. Tapi Napoleon, yang ditunjuk sebagai Konsul Pertama, memegang semua kekuasaan.

Napoleon INapoleon mengembalikan stabilitas Prancis setelah mengalami kesulitan dalam revolusi dan perang sipil. Konkordat, yang ditandatangani dengan Paus Pius VII pada tahun 1801, memulihkan hubungan baik antara gereja dan negara. Sebagai seorang pembaharu, ia membantu menyusun Kode Napoleon (1804) yang sampai hari ini masih menjadi dasar hukum sipil di Perancis dan lebih dari 25 negara lainnya. Ia juga melakukan reorganisasi administrasi keuangan, lokal, dan peradilan Perancis.

Namun demikian, Napoleon mengabdikan sebagian besar energinya untuk kebijakan luar negeri dan perang. Pada tahun 1800, ia meraih kemenangan brilian atas Austria di Marengo. Austria dipaksa untuk menandatangani Perjanjian Lunéville (1801). Dengan dikalahkannya Austria, Inggris juga membuat perdamaian dengan Napoleon dan menandatangani Perjanjian Amiens (1802). Masyarakat Perancis begitu mengagumi Napoleon atas prestasinya hingga pada tahun 1802 mereka menunjuknya menjadi Konsul seumur hidup. Kemudian pada tahun 1804, dengan dukungan dari masyarakat, Napoleon menobatkan dirinya sebagai kaisar.

Dengan semangat tinggi untuk memastikan suksesi dirinya, pada tahun 1809 Napoleon menceraikan istri tercintanya, Ratu Joséphine. Ini karena mereka tidak bisa memiliki anak. Tahun berikutnya ia melangsungkan pernikahan bergengsi dengan Marie-Louise, seorang putri dari Kaisar Austria Francis I. Pada tahun 1811, anaknya, François Charles Joseph atau Napoleon II, lahir dan digelari King of Rome.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s