Patung Raksasa dari Rhodes : 292 SM

Patung-Colossus

Colossus of Rhodes merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia di masa kuno. Pulau Rhodes merupakan pusat ekonomi yang penting pada zaman dahulu. Karena lokasinya yang terletak di bagian ujung barat daya Asia Kecil di mana Laut Aegea bertemu dengan laut Mediterania. Ibukotanya  juga bernama Rhodes yang dibangun pada tahun 408 SM dan dirancang untuk mengambil maanfat secara maksimal dari pelabuhan pulau alami terbaik yang terletak di  pantai bagian utara.

Pada 357 SM pulau itu ditaklukkan oleh Mausolus dari Halicarnassus (yang makamnya merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban lainnya dari Dunia Kuno) , tetapi kemudian jatuh ke tangan Persia pada 340 SM dan akhirnya diambil oleh Alexander The Great pada 332 SM. Ketika Alexander meninggal akibat demam pada usia muda, para jenderalnya berperang dengan getir di antara mereka sendiri untuk menguasai kerajaan Alexander yang luas. Tiga dari mereka, Ptolemy, Seleukus, dan Antigous, berhasil membagi kerajaan di antara mereka sendiri.

Rhodians atau penduduk Rhodes mendukung Ptolemy (yang akhirnya memerintah Mesir) dalam perjuangan tersebut. Hal ini membuat marah Antigous yang pada 305 SM mengirim putranya Demetrius untuk mengambil alih dan menghukum kota Rhodes. Dan terjadilah perang dengan Demetrius. Perang tersebut sangat panjang dan menyakitkan. Demetrius membawa tentara dengan jumlah 40.000 orang, jumlah yang melebihi seluruh penduduk Rhodes. Ia juga meningkatkan jumlah pasukannya dengan menggunakan bajak laut dari Aegea.

Kota Rhodes di lengkapi dengan pertahanan yang sangat kuat, dilindungi dengan tembok yang tinggi. Sehingga siapa pun yang ingin menyerang kota tersebut harus berusaha memanjat atau melewati tembok tinggi ini. Segala percobaan yang dilakukan Demetrius untuk menembus pertahanan ini berakhir dengan kegagalan. Bahkan tower raksasa yang dibangun Demetrius, berukukuran setidaknya 6 kapal yang di tumpuk, berakhir sangat memilukan. Manakala Tower Raksasa ini terjungkir dan hancur berkeping-keping saat badai tiba-tiba muncul. Peperangan pada akhirnya dimenangkan oleh masyarakat Rhodes saat datang bala bantuan dari Mesir. Demetrius memilih mundur dari peperangan.

Masyarakat Rhodes Membangun Patung Raksasa

Sebagai tanda kemenangan masyarakat Rhodes karena memenangkan pertempuran dengan Demetrius, mereka mulai membangun patung raksasa dewa pelindung mereka, helios. mereka melebur perunggu dari banyak mesin perang yang ditinggalkan Demetrius  untuk eksterior patung dan Tower raksasa yang digunakan untuk pengebungan,  menjadi rangka bangunan untuk proyek tersebut. Meskipun beberapa tempat melaporkan konstruksi awal terjadi pada 304 SM, namun tampaknya proyek dimulai pada 292 SM. Menurut Pliny, sejarawan yang hidup beberapa abad setelah Colossus dibangun, konstruksi membutuhkan waktu 12 tahun.

Colossus berdiri dengan bangga di pintu masuk pelabuhan selama sekitar lima puluh enam tahun. Setiap pagi matahari menyinari permukaan perunggu yang dipoles dan membuat patung dewa ini berkilau. Kemudian gempa bumi melanda Rhodes pada 226 SM dan patung pun runtuh. Potongan-potongan besar dari bagian patung  tersebut terbaring sepanjang pelabuhan selama berabad-abad.

Tujuh Fakta Cepat :

Lokasi                :  Pulau Rhodes (Yunani modern)
Dibangun          :  Antara 292-280 SM
Fungsi                :  Memperingati Kemenangan  Perang
Hancur               :  226 SM karena gempa bumi
Ukuran               :  Tinggi tanpa penyangga setinggi 50 kaki,  adalah 110 kaki (30m)
Terbuat dari      :  Lempeng perunggu yang melekat pada kerangka besi
Lain-lain             :  Dibuat dalam bentuk Helios, dewa pelindung di pulau ini

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s