Mengapa Lukisan Mona Lisa Sangat Terkenal?

senyum-mona lisa

Artis Renaisans asal Italia Leonardo da Vinci melukis sebuah lukisan yaitu La gioconda, umumnya dikenal sebagai Mona Lisa, adalah merupakan karya seni yang paling terkenal dalam sejarah dunia dan dikatakan telah memicu pengakuan instan hampir secara universal. Banyak lagu yang telah ditulis mengenai lukisan ini, dan terkenal di seluruh dunia. Dimulai pada tahun 1504 dan selesai pada tahun 1515, diyakini bahwa lukisan ini tanpa cela dan dibuat secara terperinci serta sangat sempurna. Bahkan saat masih di studionya Leonardo da Vinci di Florence, lukisan tersebut merupakan karya yang menginspirasi.

Mona Lisa merevolusi seni lukis. Pertama-tama, lukisan tersebut adalah potret pertama yang menggambarkan subjek hanya dari pinggang ke atas,  potret sebelumnya selalu menggambarkan obyek dengan postur tubuh secara penuh. Selain itu, latar belakang pada lukisan Mona Lisa merupakan sebuah gambaran imajiner, menggambarkan jajaran perbukitan yang jauh, yang lagi-lagi berbeda dari karya-karya sebelumnya dalam media yang ditampilkan.

Penggambaran subjek perempuan dalam lukisan Mona Lisa luar biasa hidup dan saat melihat lukisan tersebut, banyak orang yang berkomentar bahwa mereka seakan-akan melihat orang yang hidup. Senyum pada wanita dalam lukisan Mona Lisa sangat sering dibicarakan, dengan banyakya orang yang melihatnya dengan cara yang berbeda.

mona lisa lukisan

Identitas subjek perempuan dalam lukisan Mona Lisa juga menjadi bahan perdebatan, beberapa percaya bahwa lukisan tersebut merupakan istri Francesco del Giocondo (sesuai dengan nama Lukisan Mona Lisa versi Italia), yang merupakan seorang pedagang sutra yang kaya raya dari Florentine , sementara itu yang lain percaya bahwa Lukisan mona Lisa merupakan gambaran diri Leonardo da Vinci atau hanyalah sebuah konstruksi dari imajinasi Leonardo da Vinci.

Pada tahun 1530-an, lukisan tersebut dibeli oleh Raja Prancis, yang kemudian setelah sekian lama dipindahkan ke Museum Louvre di Paris pada tahun 1650-an. Kemudian, dari tahun 1800, lukisan tersebut tergantung di kamar tidur Napoleon Bonaparte selama empat tahun sebelum akhirnya kembali lagi ke museum. Pada tahun 1911, lukisan Mona Lisa dicuri dari Louvre oleh seorang karyawan, yang tertangkap saat mencoba untuk menjualnya kepada dealer seni di Florence pada tahun 1913.

Dengan momentum ketenaran, ditambah dengan sejarah panjang yang mewarnai lukisan tersebut, telah membuat Mona Lisa semakin terkenal. Nilainya saat ini diperkirakan sekitar $ 770.000.000. Lukisan Mona Lisa sekarang tergantung di balik kaca di Louvre, di mana Lukisan Mona Lisa dilihat oleh jutaan orang setiap tahunnya. Sebuah karya seni berusia 500 tahun yang sangat luar biasa.

Sedikit bonus untuk anda ^_^   :

mona lisa-coolMona Lisa di Era Modern

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

One thought on “Mengapa Lukisan Mona Lisa Sangat Terkenal?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s