Babbler, Si Penerbang yang Lemah

Babbler adalah kelompok besar burung yang mendapatkan nama mereka dari suara keras dan berulang yang mereka buat. Babbler hidup terutama di hutan-hutan Afrika, Asia Selatan, dan Australia. Salah satu spesiesnya, wrentit, tinggal di sepanjang Pantai Pasifik Amerika Utara.

Babbler

Ada ratusan spesies babbler. Kebanyakan adalah burung berukuran kecil hingga medium dengan sayap pendek yang dan kuat serta kaki yang kokoh dan besar. Mereka adalah penerbang yang lemah. Warna babbler bervariasi. Sebagian besar spesies, seperti white-crested laughing thrush, memiliki kombinasi bulu coklat, hitam, abu-abu, cokelat, atau putih. Tetapi beberapa babbler memiliki bulu hijau, kuning, atau merah cerah.

Babbler utamanya memakan serangga dan hewan kecil tanpa tulang punggung lainnya. Sebagian besar spesies menemukan mangsanya dengan menjelajahi daun dan tanaman di lantai hutan. Namun, beberapa spesies mencari makanan di semak dan pohon.

Kebanyakan sarang babbler ada di semak-semak rendah atau pohon kecil. Mereka umumnya membangun sarang terbuka berbentuk cangkir dari ranting dan batang, tetapi beberapa spesies menutupi sarang mereka dengan kubah rumput dan lumut. Babbler betina bisa bertelur dua hingga empat butir. Di antara beberapa spesies babbler, burung muda tetap bersama induk mereka untuk satu atau dua tahun.

Kebanyakan babbler berkumpul dalam kelompok besar kecuali ketika bersarang. Burung-burung saling memanggil keras satu sama lain kecuali ada bahaya yang mengancam. Untuk menghindari bahaya, babbler sering menggunakan kaki mereka yang kuat untuk berlari dan bersembunyi daripada terbang jauh.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s