Pachycephalosaurus, Dinosaurus Penyeruduk Pemakan Tanaman

Bagi Anda yang suka dengan dunia dinosaurus, barangkali makhluk besar satu ini sudah tak asing, Pachycephalosaurus. Pachycephalosaurus adalah dinosaurus pemakan tumbuhan yang memiliki tengkorak yang sangat tebal. Nama Pachycephalosaurus berasal dari kata dalam bahasa Yunani yang berarti tebal, kepala, dan kadal.

PachycephalosaurusPachycephalosaurus memiliki tubuh besar dengan lengan depan pendek dan kaki panjang. Dinosaurus ini mungkin beratnya lebih dari 1 ton (0,9 metrik ton) dan panjangnya sekitar 13-26 kaki (4 sampai 8 meter). Pachycephalosaurus kemungkinan besar berjalan menggunakan kaki belakangnya. Ketika bergerak, Pachycephalosaurus membawa tubuhnya paralel ke tanah. Sebuah jaringan tendon tulang menopang ekornya yang berat dan kaku.

Kepala tebal Pachycephalosaurus berbentuk kubah di atas tempurung otak. Bagian atas tengkorak tebalnya sekitar 10 inci (25 cm), dan ada semacam tonjolan-tonjolan tulang yang menutupi bagian tengkorak. Hewan ini menggunakan kepala tebalnya untuk saling menyeruduk dalam kontes memperebutkan pasangan atau wilayah.

Pachycephalosaurus juga memiliki moncong sempit dengan bergigi pendek, kemungkinan untuk menggali tanaman. Giginya yang kecil bergerigi tidak kuat, dan hewan ini mungkin makan buah-buahan, daun, dan biji. Indera penciumannya yang tajam dan matanya yang besar membantu mendeteksi predator yang mendekat.

Pachycephalosaurus hidup sekitar 68 sampai 65 juta tahun yang lalu, selama bagian terakhir dari Periode Cretaceous. Para ilmuwan telah menemukan sisa-sisa dinosaurus ini di barat Amerika Utara.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s