Teknik Melompat Menuju Air

jump into water

Dalam serial survival kali ini, saya akan membahas mengenai melompat dari ketinggian menuju air. Kita sudah sering sekali kan melihat adegan di televisi saat sang pemain dalam film harus terjun dari sebuah jembatan pada saat dikejar oleh polisi atau dalam film action saat tokoh dalam cerita tersebut terpojok di atas tebing dan dikejar oleh makhluk buas  kemudian mereka harus terjun dari tebing menuju air seperti dalam film Avatar. Nah saya akan membahasnya bersama anda, mengenai bagaimana sih cara melompat dari ketinggian menuju air, ini dia penjelasannya : 

Ketika mencoba terjun dari ketinggian  (lebih dari 6 meter) menuju ke dalam air dalam situasi yang darurat, anda tidak akan mengetahui secara banyak mengenai keadaan di sekeliling anda, khususnya kedalaman air. Hal ini membuat melompat dari ketinggian menuju air sangatlah berbahaya.

Jika karena sesuatu hal yang mendesak maka anda secara terpaksa harus melompat dari sebuah jembatan menuju ke sungai atau permukaan air lainnya , cobalah untuk mendarat di area kanal- yaitu area air yang dalam di mana perahu berlalu-lalang di bawah jembatan. Daerah ini umumnya terletak di tengah, jauh dari area pinggir.

Menjauhlah dari wilayah dengan tiang yang menyokong jembatan. Puing-puing dapat terkumpul di daerah ini dan anda dapat menghantamnya ketika anda memasuki air. Jika anda melompat dari tebing menuju air, pastikan di bawah air tersebut tidak ada obyek keras yang dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal. Berenanglah  ke menuju ketepian sesaat setelah muncul ke permukaan. Gambar di atas bukanlah teknik melompat dengan benar dari ketinggian menuju air.

Berikut ini adalah langkah-langka melompat dengan benar menuju air dari ketingggian :

1. Konsentrasi dan ambilah nafas yang panjang

2. Melompatlah dengan kaki terlebih dahulu

3. Jagalah posisi anda tetap dalam keadaan vertical (lurus)

4. Rekatkan kedua kaki anda dengan erat

5. Masuklah ke air dengan kaki terlebih dahulu dan katupkan dengan kuat area pantat anda

Jika anda tidak melakukan hal tersebut, air dapat masuk kedalam dan menyebabkan kerusakan internal yang parah

6. Lindungilah area di sekitar selangkangan anda dengan tangan

7. Sesaat setelah anda masuk ke dalam air, rentangkan lengan dan kaki dengan lebar dan gerakkan secara bolak-balik dan terus menerus untuk menghasilkan gaya tahan, yang akan memperlambat laju terjun anda menuju ke dasar air.

Selalu asumsikan bahwa air tersebut tidak cukup dalam untuk mencegah anda mengenai bagian dasar air.

Hal yang perlu anda waspadai:

1. Terjun menuju air seperti dijelaskan di atas bisa menyelamatkan hidup anda pada saat darurat, meskipun mungkin dapat mematahkan kaki Anda. Hal tersebut bergantung dengan kedalaman air dan ketinggian saat anda melompat.

2. Jika tubuh anda tidak dalam posisi vertical atau lurus, anda dapat menyebabkan patah punggung anda pada saat memasuki air. Jagalah posisi badan anda vertikal sampai anda menyentuh air.

3. Jangan pernah berpikir untuk terjun kedalam air dari ketinggian dengan kepala terlebih dahulu, kecuali jika anda benar-benar yakin bahwa air tersebut memiliki kedalaman setidaknya 6 meter. Karena jika anda melompat dari ketinggian dan ternyata air tersebut ternyata sangat dangkal maka saat kaki anda menghantam bagian dasar air, kaki anda akan patah. Jika kepala anda yang menghantam air terlebih dahulu, tengkorak anda akan pecah.

_______________________________________________________________________________________________

Ngomong- ngomong mengenai air. Dulu pada saat saya mengikuti les renang, saya sering sekali melihat beberapa kejadian yang lumayan serem. Dan saya ingin berbagi ke para pembaca agar kedepannya dapat berhati-hati. Sering kan pada saat kita berenang di kolam renang, sungai atau pemandian, ada beberapa orang yang usil mengerjain temannya dengan mendorong ke kolam atau menceburkan temannya ke air. Nah ada yang saking akrabnya dan sering saya lihat ini, beberapa orang menceburkan temannya ke air dengan cara di pegangi kakinya dan satu lagi memegangi tangannya, kemudian di ayun-ayunkan menuju air. Satu, dua, tiga…byur!

Tahukah anda bahwa hal tersebut sangat berbahaya, saya pernah melihat seseorang di ayun-ayunkan menuju air, dengan hitungan satu, dua, tiga kemudian dilepaskan menuju air. Tapi pada saat melepaskan kaki dan tangan sesaat setelah mengayunkan tidak dalam waktu yang bersamaan sehingga yang terjadi ialah kepala orang tersebut mengahantam ubin, ada juga yang menghantam tiang, ada juga yang terbanting dengan keras.

Pokoknya buat pembaca sekalian selalu berhati-hati deh kalau main-main saat di air ya.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

One thought on “Teknik Melompat Menuju Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s