Water Strider, Serangga yang Mampu Berjalan di Atas Air

Serangga akuatik  yang menggunakan tegangan air untuk tetap berada di atas permukaan air, Itulah si  Water Strider alias si Anggang-anggang, yeaah ! ^_^

Aquatic-insects

Water Strider bisa kita temukan di kolam air tawar ataupun di sebagian perairan disekitar kita.  Water Strider atau sang skater air kolam , adalah merupakan  serangga predator akuatik yang menggunakan sejenis rambut pada kaki-kaki mereka, fungsinya ialah untuk dapat berjalan di atas air. Rambut-rambut pada kaki mereka tersebut juga sangat sensitif  untuk mendeteksi getaran serangga yang terjatuh ke dalam air kolam.

Saat serangga kecil terjatuh dan nyemplung ke kolam Water Strider kemudian akan berlomba menuju ke lokasi tersebut untuk menangkap mangsanya. Meskipun Water Strider tubuhnya lebih padat daripada air, Water Strider tidak tenggelam di air; sebaliknya mereka  memanfaatkan prinsip tegangan air untuk tetap berada  di atas permukaan.

Adanya gaya tarik-menarik di antara semua molekul di dalam air,  menarik molekul di permukaan air secara bersama-sama sehingga mereka mengunci seperti membran tipis elastis yang tersusun dari molekul yang sedikit lebih padat. Sehingga memungkinkan bagi  Water Strider untuk dapat menyeberangi permukaan tanpa tenggelam, disamping itu juga di dukung adanya rambut-rambut pada kaki mereka sehingga mempermudah Water Strider untuk berjalan di atas permukaan air.

Water Strider memiliki tiga pasang kaki, sepasang kaki bagian depan berukuran pendek dan cukup untuk menggenggam, membunuh dan memakan mangsa yang berukuran kecil dengan tangkas. Sepasang  kaki bagian tengah , yang terbentang datar di atas air, digunakan sebagai dayung untuk mengayuh’ di atas permukaan sedangkan sepasang kaki bagian belakang  berfungsi seperti kemudi yang membantu akslelarasi perubahahan arah.

Kaki yang panjang, serta kaki yang terentang memungkinkan skater air kolam ini untuk mendistribusikan berat secara merata di atas area permukaan air yang lebih besar, lebih lanjutnya  membantu mereka untuk mengapung di atas air.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s