Fakta dan Penjelasan Seberapa Dalamkah Dasar Samudra?

Dolphin Jumping lumba

Tempat terdalam di samudra ialah Marianas Trench yang ada di area samudra pasifik. Pada tahun 1960, angkatan laut Amerika mengirim Trieste, sebuah kapal selam kecil, atau biasa disebut bathyscaphe, Trieste merupakan nama sebuah kota di Italia di mana perangkat ini dibuat. Bathyscaphe merupakan metal berongga berbentuk bulat dan memiliki fungsi melindungi beberapa kru kecil dan khusus digunakan untuk eksplorasi dasar laut.

Yang sedikit menakutkan ialah, Trieste tidak terhubung dengan tali atau kawat pengaman pada kapal di atasnya. Pada dasarnya Trieste hanya dilepaskan dari kapal dan dibiarkan tenggelam menuju dasar laut menggunakan gaya gravitasi.

Maka dari itu  salah satu kru dan yang juga mendesain Trieste, Auguste Piccard, melakukan perjalanan bersama-sama dengan anaknya, Jacques Piccard menuju dasar samudra disertai dengan Letnan Angkatan laut Don Walsh. Mereka turun ke dasar samudra sekitar 10.972 meter dari permukaan laut dan mendaratkan Trieste di dasar laut.

Membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk turun ke dasar laut terdalam di muka bumi. Lebih dari 11 Kilometer samudra berada di atas mereka. Trieste Menggunakan tangki yang berisikan bensin, lebih ringan daripada air dan body peluru metal, yang lebih berat daripada air fungsinya untuk mengontrol kemampuan mengapung dan pemberat.

Tekanan air di titik paling rendah adalah 48.383,3 Kilogram per senti meter persegi. So jika semisal kita berada di dasar laut tersebut, dan tiba-tiba ingin berenang dan menikmati indahnya dasar laut  tanpa perlindungan kapal selam,  kita akan mendapatkan tekanan langsung dari air sebesar 48 ribu kilogram/cm2 seketika itu juga. Remuk wes.

Kapal Selam Deepsea ChallengerSedangkan Deepsea Challenger merupakan kapal selam kecil yang mutakhir, berteknologi tinggi dan memuat satu orang kru. Baru-baru ini sutradara film  kawakan asal Canada, James Cameron, yang terkenal akan film Titanic, Terminator, Aliens serta Avatar ini, melakukan perjalanan ke bagian dasar terdalam dari Marianas Trench. James Cameron mencatatkan perjalanan sedalam 10.898 meter dari permukaan. Challenger Deep dinamakan sebagai bentuk penghormatan terhadap kapal survey angkatan laut Kerajaan Inggris HMS Challenger.  Yang berlayar dengan krunya pada tahun 1872 hingga 1876. James Cameran melakukan penyelaman selama 3 jam sendirian di dasar samudra. Dan berlangsung pada tanggal 26 maret 2012. Menurut james Cameron dia tidak melihat ikan di dasar samudra tersebut, hanya amphipoda kecil yang sekilas menyerupai udang.

Denger-denger proyek bersejarah ini di sponsori oleh produsen jam besar, Rolex. Yang mensponsori kapal selam dan perjalanan ke dasar laut. Rolex pun tak tanggung-tanggung mereka memproduksi seri jam water resistan dan tahan tekanan yang dinamakan mirip dengan kapal selam ini, Deepsea Challange.

James Cameron dan Deepsea Challenger

Jam Rolex Anti Air Untuk PenyelamanOh iya kapal selam ini memiliki tangan robotik, yang bisa digunakan untuk mengumpulkan material guna penelitian, menangkap hewan di dasar laut juga bisa. Saking niatnya nih Rolex, mereka sampai-sampai membalut tangan robotic Deepsea Challanger dengan jam tangan produksi mereka yang baru, mulai dari permukaan laut hingga dasar samudra tangan robotic ini mengenakan jam tersebut. Jam ini berfungsi normal lho di dasar lautan.

Bener-bener strategi periklanan yang bagus !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s