Cinta Pada Pandangan Pertama, Apakah Nyata?

Beautiful Girl

Seringkali kita mendengarkan lagu-lagu, film, maupun drama yang menggambarkan sebuah cinta yang di awali dengan cinta pada pandangan pertama. Betapa indahnya melihat sosok yang menakjubkan melintas di depan kita, dan sesaat kemudian “Tak!”, kita pun langsung jatuh cinta.

Konsep cinta yang datang melalui pandangan pertama ini, telah melekat dan diyakini keberadaannya oleh banyak orang, namun apakah cinta pada pandangan pertama itu nyata?.

Sama seperti pembahasan mengenai cinta pada artikel sebelumnya, tentu kami menyajikan jawabannya secara subyektif, karena masing-masing pribadi di dunia merasakan cinta yang berbeda-beda dan masing-masing cinta spesial bagi tiap individu. Tetapi kami akan mencoba menjawabnya dengan bahasan yang sebaik mungkin.

Apakah pikiran Anda memainkan peran?

Apakah Anda pernah melihat seseorang dan langsung merasa tertarik pada setiap bagian dari diri mereka, termasuk kepribadiannya (bahkan meskipun Anda belum pernah berbicara dengan mereka sebelumnya)?, Anda mungkin dengan cepat menyebut hal ini sebagai cinta pada pandangan pertama, tetapi mungkin apa yang Anda rasakan secara psikologi disebut dengan “ketertarikan Halo Effect”. Ketika Anda melihat seseorang yang tampak luar biasa, otak Anda kadang-kadang akan meloncat pada kesimpulan bahwa kepribadian mereka pasti juga luar biasa.

Kita semua tahu bahwa penampilan seseorang dan kepribadiannya tidak semuanya cocok secara keseluruhan. Beberapa orang yang memilki wajah yang menarik kadang kepribadiannya sangat parah dan menjengkelkan, dan beberapa orang yang terbaik di dunia mungkin bukan seseorang yang memilki paras yang sesuai dengan kriteria Anda. Jadi sebenarnya Halo Effect hanyalah sebuah ilusi. Perasaan cinta Anda yang datang tiba-tiba itu, mungkin segera menghilang setelah Anda mengenal orang tersebut lebih baik.

Gambar Ilustrasi Kartun Korea Love You

Cinta: Lebih dari Penampilan Seseorang

Semua orang mempunyai pandangan yang berbeda tentang apa itu cinta, tetapi beberapa orang percaya bahwa Anda dapat menemukan cinta hanya dengan memandang seseorang. Cinta (setidaknya jika Anda bertanya kepada kami) terdiri dari kompromi, empati, kesabaran, kepercayaan dan perjuangan. Anda tidak bisa memberikan atau mendapatkan hal-hal tersebut pada pandangan pertama.

Hal ini tidak berarti bahwa perasaan awal Anda tidak bisa berubah menjadi cinta. Ketika Anda pertama kali melihat seseorang, Anda mungkin langsung mengetahui bahwa Anda ingin menjadi lebih dekat dengan mereka dan mempelajari tentang mereka. Sebagaimana hubungan Anda berkembang, perasaan tersebut mungkin pada akhirnya tumbuh menjadi cinta. Tetapi apakah “cinta” merupakan kata yang benar-benar tepat menggambarkan reaksi emosional Anda?.next

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s