Apa itu Navigasi?

Peralatan Petualangan Laut Zaman Dulu

Navigasi adalah proses mengarahkan jalannya media transportasi seperti perahu, kapal, pesawat, atau pesawat ruang angkasa untuk menuju ke suatu tujuan. Hal ini membutuhkan antara lain, pengetahuan berkelanjutan terhadap  posisi, arah, dan jarak dari lokasi serta pemahaman tentang astronomi, meteorologi, matematika, arus laut, fitur dari garis pantai dan pelabuhan.

Navigator  pada mulanya mengandalkan pengalaman langsung mereka dengan semua fenomena fisik yang terlibat dan pengetahuan yang diteruskan oleh orang lainnya. Navigasi modern, juga berdasarkan pada prinsip-prinsip tradisional, menggunakan instrumentasi elektronik -seperti radio, radar, dan sistem penentuan posisi global untuk menentukan posisi dan untuk mengatur perjalanan.

Puluhan abad sebelum orang Eropa menjelajahi dan memetakan Samudra Pasifik, penduduk kepulauan disana berlayar hampir 20 juta mil persegi menggunakan kano berbadan kapal ganda dengan tujuan menemukan arah jalan , sistem pengamatan yang menggabungkan pola di alam serta memungkinkan para pelaut untuk menemukan jalan mereka dengan akurasi yang besar. Para navigator Pacific kuno mendedikasikan seumur hidup mereka untuk pada pemahaman dan penerapan pengetahuan seperti bentuk dan urutan gelombang, terbit dan terbenamnya bintang- bintang, warna matahari terbit dan matahari terbenam, pulau yang terpengaruh oleh tertutupnya awan, dan bahkan pola terbang burung- burung.

Cadik Ganda

Karena kekurangan grafik dan peta untuk dibawa sebagai pemandu mereka, penduduk pulau menyanyikan nyanyian yang berulang-ulang saat berlayar yang merupakan gabungan nama-nama bintang, angin, hujan, dan titik-titik kunci referensi navigasi.  Pengetahuan akan langit dan mitologi suku juga menambahkan pengetahuan praktis mereka. Dalam beberapa dekade terakhir keterampilan navigasi tradisional ini telah dihidupkan kembali dan diuji dalam percobaan laut jarak jauh.

Sebutan untuk Kano Cadik

Filipina dan Indonesia: Bangka

Suku Maori (New lampukecil-25Zealand ): Waka ama

Pulau Cook Maori: Vaka

Hawai: Wa’a

Tahiti dan Samoa: Va’a

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s