Apa Itu Oseanografi?

Gelombang laut sea

Oseanografi adalah studi tentang lautan, dasar laut, dan udara di atas lautan. Samudera, yang juga sering disebut lautan, adalah perairan besar. Bersama-sama, perairan mencakup hampir tiga perempat dari permukaan bumi. Ilmuwan, insinyur, dan teknisi yang mempelajari lautan disebut ahli kelautan atau oseanografer.

Pekerjaan ahli kelautan sangat penting. Manusia bergantung pada lautan untuk mendapatkan ikan dan makanan lainnya. Sama seperti daratan yang telah menjadi penuh sesak dan tercemar, lautan juga telah menjadi lebih tercemar dan dieksploitasi secara berlebihan. Ahli kelautan mencoba untuk memahami apa yang mengontrol stok ikan dan membantu pemerintah memutuskan berapa banyak ikan yang bisa ditangkap setiap tahunnya.

Lautan membantu menentukan cuaca apa yang akan terjadi di seluruh dunia setiap hari. Lautan juga mempengaruhi iklim bumi. Iklim adalah cuaca yang terjadi selama periode yang panjang. Perubahan suhu laut dan arus laut memiliki efek besar pada iklim. Mereka dapat membantu kita memahami pemanasan global yang disebabkan oleh efek rumah kaca.

Studi dasar laut memberikan informasi tentang masa lalu bumi pada para ilmuwan. Sedimen atau lumpur di dasar laut mengandung sisa-sisa tanaman dan hewan yang hidup di laut kuno. Ini mencakup abu dari letusan gunung berapi kuno dan catatan bencana di mana asteroid menabrak planet kita, membunuh dinosaurus dan kehidupan lainnya. Dasar laut juga memberikan informasi pada para ilmuwan tentang penyebab gempa bumi dan struktur bumi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s