Kaitan Antara Lautan dan Iklim

Lautan dan cakrawala

Penelitian interdisipliner sangat penting dalam memahami masalah yang kompleks seperti bagaimana lautan mempengaruhi iklim dan cuaca bumi. Para ilmuwan tahu lautan memainkan peran besar dalam perubahan iklim global yang disebabkan oleh efek rumah kaca. Efek rumah kaca adalah pemanasan lambat pada bumi yang diakibatkan pelepasan karbon dioksida dan gas lainnya ke udara oleh mobil, pabrik, dan pertanian. Karbon dioksida memerangkap panas seperti panel kaca di rumah kaca atau di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari.

Lautan adalah salah satu wastafel besar, atau lokasi pembuangan alami, untuk karbon dioksida. Lautan mengambil karbon dioksida dalam jumlah besar dari atmosfer. Tanaman lautan memerangkap karbon dioksida dalam tubuh mereka selama fotosintesis. Hewan lautan memerangkap sejumlah karbon dioksida di kulit mereka.

Ketika tumbuhan dan hewan mati, mereka tenggelam ke dasar laut dan menjebak karbon dioksida. Jumlah karbon dioksida yang dijebak lautan tergantung pada suhu laut, gelombang laut, arus laut, lapisan es laut, dan faktor lainnya. Ahli kelautan meneliti bagaimana semua faktor ini bekerja sama sebagai sebuah sistem, sistem kontrol iklim. Ini bisa membantu para ilmuwan memprediksi iklim di masa depan.

Lautan bumi sama pentingnya dengan atmosfer dalam memutuskan kondisi cuaca. Misalnya, pemanasan air Samudera Pasifik, yang disebut El Niño, dapat membawa cuaca badai yang luar biasa dingin dan basah pada beberapa bagian dari Amerika Serikat. Namun bagi daerah lain, El Niño bisa berarti musim dingin yang ringan, nyaman, dan kering.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s