Obesitas itu Sebenarnya Mahal

Olahraga mengurangi gemuk

Obesitas merupakan masalah kesehatan masyarakat karena orang-orang yang kelebihan berat badan dan obesitas memiliki lebih banyak masalah kesehatan daripada orang dengan berat badan normal. Mereka berada pada risiko yang lebih besar terserang penyakit jantung, diabetes tipe II, tekanan darah tinggi, beberapa jenis kanker, dan masalah paru-paru dan tulang. Banyak anak yang mengalami kelebihan berat badan menderita masalah penyesuaian dan depresi.

Masalah-masalah ini dapat menjadi parah dan mungkin saja tidak akan hilang seiring bertambahnya usia. Karena masalah kesehatan berhubungan dengannya, obesitas menjadi begitu mahal. Di Amerika Serikat, diperkirakan biaya perawatan kesehatan yang berhubungan dengan obesitas melebihi 120 miliar dolar AS setiap tahun. Karena semua alasan inilah, risiko obesitas harus diidentifikasi sejak awal dan kemudian dikendalikan.

Dokter atau profesional kesehatan lainnya adalah orang terbaik untuk menentukan apakah berat badan seseorang tergolong sehat atau tidak. Untuk orang dewasa, hal ini dilakukan dengan menghitung BMI. Untuk anak, hal ini dilakukan dengan menghitung BMI di setiap pemeriksaan dan mencatatnya pada grafik untuk melihat bagaimana perubahannya ketika anak tumbuh. Seorang anak dianggap berisiko ketika BMI mencapai 85 persen pada grafik dan dianggap kelebihan berat badan ketika BMI mencapai 95 persen.

Jika masalah berat badan teridentifikasi, dokter pertama-tama akan menyingkirkan semua kondisi medis sebagai penyebabnya. Dokter kemudian dapat merekomendasikan program penurunan berat berupa kontrol diet dan olahraga. Sebagai bagian dari program ini, seseorang akan diajarkan bagaimana memilih makanan yang tepat dan ukuran porsinya. Mereka belajar untuk membatasi minuman manis dan jus buah, makan makanan di rumah bila memungkinkan, dan menjadi lebih aktif secara fisik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s