Tips Mengurangi Biaya Akomodasi Ke Gunung Semeru

Panorama Bromo Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sekarang menjadi tujuan wisata alam yang paling populer di Indonesia. Setiap hari terdapat ratusan bahkan ribuan penggunjung yang datang ke tempat ini. Entah itu menuju Gunung Bromo untuk melihat matahari terbit dan menikmati indahnya hamparan pasir, atau menuju Gunung Semeru yang seperti di lakukan dalam cerita sebuah Film yang pada tahun 2012 menjadi Film yang paling di tonton oleh anak muda di negeri  ini.

Menuju Gunung Semeru tidaklah mudah dan murah, sahabat backpacker. Menuju Gunung Semeru di perlukan persiapan pendakian serta budget yang lumayan, karena TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) mempunyai retribusi yang lumayan untuk masuk ke kawasan taman nasional tersebut.

Di Gunung Semeru sendiri tarif tiket masuk setiap pendaki di kenakan hitungan per hari. Jika sahabat backpacker ingin camping selama dua hari misalnya, maka tiket masuk TNBTS harus di kalikan tiga. TNBTS memasang retribusi untuk pendakian ke Gunung Semeru sebesar: Rp. 17.500,- untuk pendakian di hari biasa dan untuk weekend sebesar Rp. 22.500,-. Hehehehe… lumayan kan.

Belum lagi jika sahabat datang dari luar kota, pasti sahabat backpacker akan sangat membutuhkan sarana akomodasi untuk menuju kesana. Seperti misalnya, angkutan carteran dari stasiun atau terminal pertama anda turun. Carteran angkutan ini di perlukan untuk menuju penyewaan jeep. Jeep adalah salah satu kendaraan yang paling di rekomendasikan untuk menuju base camp atau pos perijinan pendakian di Gunung Semeru. Tapi tenang saja sahabat backpacker, saya akan membagikan cara ampuh untuk mengurangi biaya akomodasi ala  backpacker ke  Gunung Semeru, agar perjalanan teman-teman jadi semakin murah dan menarik.

Panorama Ranu Kumbolo

Indahnya Ranu Kumbolo

  1. Menyewa motor

Menyewa motor bukanlah hal yang mustahil jika anda datang dari luar kota, sekarang sudah banyak tersedia rental persewaan motor di Kota Malang. Dengan menyewa motor, sahabat backpacker bisa menghemat biaya untuk akomodasi.

  1. Menawar Carteran angkot

Jangan pernah malu untuk menawar angkot yang sahabat sewa. Coba sahabat tawar sampai turun sekitar 50.000 rupiah. Karena biasanya tariff umum sekitar di bawah 50.000 dari harga yang di tawarkan.

  1. Carilah teman patungan dari rombongan lain

Jika sahabat hanya bepergian dengan teman kurang dari sepuluh orang. Misalkan empat, lima, atau enam orang maka cobalah sahabat backpaker untuk mencari tambahan anggota lagi dari rombongan lain. Di samping untuk menambah teman baru, sahabat juga bisa lebih ringan untuk membayar sewa angkot dan jeep nantinya. Kapasitas angkot adalah 10 orang dan jeep jenis terbuka bisa mengangkut sampai 12 orang.

Selamat travelling gaeesss….. semoga perjalanan sahabat backpacker membawa kenangan yang indah untuk diceritakan ke anak cucu nantinya.. hehehehehe

Advertisements

One thought on “Tips Mengurangi Biaya Akomodasi Ke Gunung Semeru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s