Tsar-tsar Rusia dalam Sejarah

Rusia diperintah oleh para tsar selama lebih dari 450 tahun. Tsar memiliki otoritas mutlak. Ivan III, yang memerintah dari tahun 1462 sampai 1505, adalah penguasa Rusia pertama yang menggunakan gelar tsar. Tsar terakhir, Nicholas II dari dinasti Romanov, memerintah Rusia dari tahun 1894 sampai 1917.

TsarMoskow merdeka dari kekuasaan Mongol di tahun 1480. Pangeran Besar Ivan III memerintah di sana dari tahun 1462 sampai 1505. Dikenal sebagai Ivan Agung, ia mengambil gelar “tsar.” Ia berkontribusi besar pada tanah Moskow.

Ivan IV memerintah dari tahun 1533. Ia menaklukkan negara-negara Tatar, yakni Kazan, Astrakhan, dan Sibir. Rusia kemudian meluas di seluruh Asia ke Samudra Pasifik. Sebuah periode kekacauan terjadi menyusul kematian pengganti Ivan IV, Fyodor I, di tahun 1598. Saat itu dikenal sebagai Masa Kekacauan. Selama waktu itu, perselisihan domestik dan invasi melanda Rusia. Ketenangan kembali pada tahun 1613. Pada tahun itu, Michael Romanov menjadi tsar. Dia adalah yang pertama dari dinasti Romanov.

Tsar Peter I (disebut Peter Agung) memerintah Rusia dari tahun 1682 sampai 1725. Di bawah pemerintahannya, Rusia berkembang menjadi sebuah kerajaan. Pada tahun 1917, Kekaisaran Rusia menjadi salah satu kerajaan terbesar di dunia. Wilayahnya membentang dari Samudra Arktik di utara ke Laut Hitam di selatan. Dari barat ke timur, kekuasaan Rusia membentang dari Laut Baltik ke Samudra Pasifik. Kekaisaran Rusia bahkan mencakup Alaska dan bagian California.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

One thought on “Tsar-tsar Rusia dalam Sejarah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s