Sekilas Tentang Kota Kiev

Kiev adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di negara Ukraina, yang terletak di bagian tengah utara negara itu di Sungai Dnieper. Populasi Kiev pada bulan Juli 2013 adalah sebesar 2.847.200 jiwa (meskipun media mengutip angka yang lebih tinggi). Hal ini menjadikan Kiev sebagai kota terbesar kedelapan di Eropa.

Kota KievKiev merupakan pusat industri, ilmiah, pendidikan, dan budaya yang penting dari kawasan Eropa Timur. Kota ini merupakan markas bagi banyak industri teknologi tinggi, lembaga pendidikan tinggi, dan bangunan bersejarah yang terkenal di dunia. Kiev memiliki infrastruktur yang luas dan sistem angkutan umum yang sangat maju, meliputi Metro Kiev.

Nama kota ini konon berasal dari nama Kyi, salah satu dari empat pendiri legendaris. Di sepanjang sejarahnya, Kiev, salah satu kota tertua di Eropa Timur, melewati beberapa tahap yang berliku. Kota ini kemungkinan eksis sebagai pusat komersial pada awal abad ke-5. Sebagai lokasi pemukiman orang Slavia pada rute perdagangan besar antara Skandinavia dan Konstantinopel, Kiev adalah daerah jajahan orang Khazar, sampai disita oleh orang Varangian (Viking) pada pertengahan abad ke-9.

Di bawah pemerintahan Varangian, kota ini menjadi ibu kota Kievan Rus’, negara bagian Slavia Timur pertama. Setelah hancur selama invasi Mongol pada tahun 1240, kota ini kehilangan sebagian besar pengaruhnya selama berabad-abad yang akan datang.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s