Sekilas Tentang Pendidikan di Rusia

Pendidikan wajib bagi orang Rusia yang berusia antara 7 dan 17 tahun. Hampir semua orang di atas usia 15 tahun dapat membaca dan menulis. Sekolah dari kelas pertama di kolase gratis. Namun, sedikit siswa yang dapat lulus ujian masuk universitas. Dari sekitar 40 perguruan tinggi di Rusia, Moskow State University di Moskow adalah yang terbesar.

Sekolah RusiaSekolah umum Rusia kekurangan banyak bahan dasar. Akibatnya, beberapa ratus sekolah swasta dan agama telah dibuka sejak awal 1990-an. Sekolah-sekolah ini memperkenalkan banyak perubahan kurikulum. Siswa di sekolah tersebut belajar karya sastra dari para penulis yang sebelumnya dilarang. Mereka mengadakan diskusi terbuka tentang segala macam mata pelajaran. Ini merupakan perkembangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Rusia.

Dalam pendidikan tinggi, pusat pembelajaran baru yang menonjol adalah Russian State University for the Humanities. Universitas ini telah mendapatkan reputasi dunia atas keunggulan akademiknya.

Hampir setiap kota atau desa di Rusia memiliki perpustakaan umum. Negara ini memiliki dua perpustakaan nasional, yakni National Library of Russia di St. Petersburg dan Russian State Library di Moskow. Tomsk State University memiliki perpustakaan terbesar di Siberia. Rusia juga memiliki beberapa museum terbaik di dunia. Moskow sendiri memiliki sekitar 100 museum. Contohnya adalah State Museums of the Moscow Kremlin dan Pushkin State Museum of Fine Arts di Moskow University.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s