Sejarah Singkat Perekonomian Rusia

Di bawah Komunisme, negara mengendalikan perekonomian negara. Instansi pemerintah memutuskan barang apa yang akan diproduksi. Mereka juga menetapkan biaya barang dan memutuskan siapa yang bisa mendapatkan barang. Kebijakan ekonomi ini membantu pertumbuhan industri. Ini juga membantu mengubah Rusia dari negara agraris ke ekonomi industri.

PutinUni Soviet runtuh pada tahun 1991. ekonomi Rusia jatuh bersama dengan itu. Beberapa barang langka. Inflasi naik, sementara standar hidup jatuh. Tapi rencana telah diberlakukan untuk mengubah ekonomi Rusia. Banyak industri beralih dari milik pemerintah menjadi milik pribadi. Yang terbesar adalah industri minyak bumi, gas alam, logam, dan kayu. Sayangnya, banyak orang yang menjalankan industri-industri yang baru diprivatisasi ini adalah penjahat. Mereka melakukan penipuan dan mencuri uang dalam jumlah besar.

Pada tahun 1998, Rusia mengalami krisis keuangan yang parah tapi singkat. Setelah itu, ekonominya mulai naik. Inflasi bisa dikendalikan. Pajak lebih giat dikumpulkan. Vladimir Putin menjadi presiden Rusia pada tahun 2000. Dia mulai menyingkirkan para penjahat dalam sektor industri. Banyak perusahaan diambil alih oleh perusahaan yang dikendalikan negara.

Pertumbuhan Rusia berakhir dengan krisis keuangan global 2008-09. Pengangguran dan inflasi naik. Ada penurunan pendapatan minyak yang tajam. Ekonomi diperkirakan mengalami kontraksi sekitar 8,5 persen pada tahun 2009. Menjelang akhir tahun, Presiden Dmitri Medvedev menyerukan modernisasi ekonomi Rusia. Dia juga meminta pemerintah untuk mengurangi perannya dalam perekonomian.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s