Orang Rusia dan Bahasanya

Populasi Rusia adalah sekitar 142 juta jiwa. Sekitar empat dari setiap lima orang yang tinggal di sana adalah etnis Rusia, atau Rusia Besar. Sisanya tergolong ke dalam lebih dari 100 bangsa dan kelompok etnis lain. Dari jumlah tersebut, yang paling banyak adalah Tatar Turki. Banyak kelompok-kelompok kecil dari penduduk asli tersebar di Siberia.

Orang RusiaSemua orang Rusia menggunakan bahasa Rusia sebagai bahasa utama mereka. Bahasa Rusia termasuk ke dalam kelompok bahasa Slavia Timur. Ini adalah cabang dari keluarga bahasa Indo-Eropa. Kelompok etnis yang berbeda juga memiliki bahasa mereka sendiri. Ini mencakup Tatar, Chuvash, dan lain-lain.

Bahasa Rusia ditulis dengan abjad Sirilik. Alfabet ini juga digunakan oleh beberapa bahasa Slavia Timur dan Slavia Selatan lainnya. Alfabet Sirilik sebagian besar didasarkan pada abjad Yunani. Sirilik memiliki beberapa huruf tambahan untuk suara yang tidak ada di Yunani. Sirilik berasal dari tahun 800-an dan kemungkinan dikembangkan oleh seorang mahasiswa dari St. Cyril, seorang misionaris Bizantium. Alfabet ini dinamai sesuai namanya.

Sebagian besar dari orang Rusia tinggal di kota. Orang-orang kota, sebagian besar, tinggal di apartemen. Keluarga Rusia khas memiliki dua pencari nafkah -suami dan istri serta satu atau dua anak. Seringkali, satu atau lebih kakek-nenek dapat hidup bersama keluarga. Sekitar seperempat dari penduduk Rusia tinggal di desa-desa. Hampir semua desa memiliki listrik, tetapi banyak daerah juga mengalami kekurangan air mengalir. Air harus diambil dari sumur, seringkali agak jauh tempatnya.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s