Mengenal Rio Grande, Sungai Amerika yang Sangat Panjang

Rio Grande adalah sungai terpanjang ketiga di Amerika Serikat. Sungai ini juga menyandang status sebagai sungai terpanjang kelima di Amerika Utara. Lembah sungainya memiliki luas 182.215 mil persegi (293.366 kilometer persegi). Dari hulunya di Pegunungan Rocky di Colorado barat daya, Rio Grande mengalir sejauh 1885 mil (3.033 kilometer) ke New Mexico tengah.
Rio GrandeSungai ini mengalir melalui ngarai di Big Bend National Park di Texas barat daya dan Meksiko utara. Rio Grande kemudian mengalir ke timur melintasi dataran Tamaulipas semi-tropis sebelum bermuara ke Teluk Meksiko di Brownsville, Texas. Namanya berasal dari kata Spanyol yang berarti “sungai besar.”

Anak sungai utama dari Rio Grande adalah sungai Chama, di New Mexico; sungai Pecos, di Texas; dan sungai Conchos, di Chihuahua, Meksiko. Ada banyak lagi anak sungai intermiten yang lebih kecil. Sungai-sungai ini diaktifkan oleh badai hujan atau salju yang mencair dari pegunungan. Albuquerque di New Mexico; El Paso di Texas; dan Ciudad Juarez,di Chihuahua, adalah kota-kota terbesar yang berdiri di wilayah sungai ini.

Rio Grande mengalir di sepanjang bagian barat dan barat daya dari Texas dan berfungsi sebagai batas antara Amerika Serikat dan Meksiko, sejauh 1.200 mil (1.932 kilometer) -hampir dua pertiga dari panjangnya. Perbatasan ditetapkan pada tahun 1848 di bawah Perjanjian Guadalupe Hidalgo, yang menuntaskan Perang Meksiko.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s