Beberapa Fakta Tentang Sungai Yangtze

Yangtze adalah sungai terpanjang dan rute transportasi utama di jantung China. Hampir setengah dari orang China hidup di lembah Sungai Yangtze. Yangtze mengalir sejauh 3.434 mil (5.529 kilometer) dan mencakup area lebih dari 700.000 mil persegi (1,8 juta kilometer persegi). Orang China menyebutnya dengan nama Chang Jiang (Sungai Panjang). Hanya Sungai Nil di Afrika dan Sungai Amazon di Amerika Selatan yang lebih panjang dari Sungai Yangtze.

Sungai YangtzeSungai Yangtze bermula tinggi di bagian barat provinsi Qinghai. Di sana Sungai Yangtze disebut Jinsha. Sungai ini mengalir ke tenggara ke provinsi Yunnan, kemudian membelok ke arah timur ke provinsi Sichuan. Bentangan panjang ini melewati pegunungan terjal dan tidak bisa dilayari perahu karena jeram dan air terjun. Banyak anak sungai bergabung dengan sungai utama dalam perjalanannya menuju Sichuan.

Di daerah Yibin, Sungai Yangtze memasuki lembah Sichuan. Wilayah penting China ini mencakup kota-kota seperti Chengdu dan Chongqing. Tiga anak sungai besar yang mengalir ke Sungai Yangtze di sini adalah sungai Min, Tuo, dan Jialing.

Yangtze pernah melewati Tiga Ngarai yang terkenal, sebuah celah sempit antara pegunungan yang membentuk perbatasan timur Sichuan. Sungai ini dialihkan pada tahun 1997 untuk membangun Bendungan Tiga Ngarai. Bendungan raksasa ini selesai dibangun pada tahun 2008. Pembangkit listrik tenaga airnya, yang terbesar di dunia, mulai beroperasi secara penuh pada tahun 2012.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s