Sekilas Info Mengenai Teluk Meksiko

Teluk Meksiko adalah lengan barat dari Samudera Atlantik. Teluk ini berbatasan dengan Amerika Serikat di sebelah utara, barat laut, dan timur laut; Meksiko di barat daya dan selatan; dan Kuba di tenggara. Selat Florida, antara Florida dan Kuba, menghubungkan Teluk dengan Samudera Atlantik. Saluran Yucatán, antara Meksiko tenggara dan Kuba, menghubungkan Teluk dengan Laut Karibia.

Teluk MeksikoTeluk Meksiko mencakup area seluas lebih dari 600.000 mil persegi (1,6 juta kilometer persegi). Rata-rata kedalamannya adalah 4.700 kaki (1.430 meter). Tetapi beberapa daerah memiliki kedalaman hingga lebih dari 14.000 kaki (4.270 meter). Garis pantainya membentang sejauh 3.000 mil (4.800 kilometer). Daerah ini rendah dan berawa, dan ada banyak inlet dan laguna. Iklim bervariasi dari subtropis hingga tropis. Badai sering terbentuk di Teluk Meksiko dari bulan Juni sampai Oktober.

Lima negara bagian AS yang berada di sepanjang Teluk Meksiko disebut negara-negara bagian Teluk. Dari barat ke timur ada negara bagian Texas, Louisiana, Mississippi, Alabama, dan Florida. Perairan pantai negara ini digunakan secara luas untuk rekreasi. Jutaan wisatawan berduyun-duyun datang ke daerah ini setiap tahun.

Arus Teluk, arus besar perairan tropis, berasal dari Teluk Meksiko. Sungai Mississippi, Atchafalaya, Rio Grande, Brazos, dan sungai-sungai besar lainnya mengalir ke Teluk Meksiko. Dalam beberapa dekade, sungai-sungai ini membawa banyak penyubur dan polutan lainnya ke Teluk dari berbagai daerah yang ratusan mil jauhnya. Hal ini menciptakan sebuah daerah perairan di lepas pantai Louisiana di mana tidak ada kehidupan laut yang bisa bertahan.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s