Kota Roma Kuno, Asal Usul Peradaban Agung Romawi

Dari pemukiman kecil di Italia tengah, Roma kuno tumbuh menjadi sebuah kota besar dan jantung dari salah satu kerajaan paling besar dan paling tahan lama dalam sejarah manusia. Pada puncaknya, Kekaisaran Romawi membentang dari Asia Barat ke Inggris dan Spanyol, dan dari Sungai Danube di Eropa tengah ke tepi gurun Sahara di Afrika Utara. Kekaisaran di Barat berlangsung selama sekitar 500 tahun. Kerajaan Timur bertahan selama seribu tahun lagi.

Kota RomaDalam menciptakan kerajaan mereka, orang-orang Romawi seringkali kejam dalam menerapkan metode mereka. Mereka menghancurkan seluruh kota dan memperbudak seluruh populasi. Pada saat yang sama, mereka membawa perdamaian, kebudayaan yang maju, dan peraturan hukum di wilayah yang ditaklukkan.

Banyak bangsa yang berbeda di kerajaan yang sangat luas ini dipersatukan oleh kewarganegaraan umum. Mereka menikmati perdagangan bebas dan perjalanan melalui jalan yang baik dan saluran air yang aman, pelayanan publik tingkat tinggi (termasuk perpustakaan dan museum), dan kode hukum yang seragam, pemerintah, dan sistem uang.

Seiring dengan Yunani kuno, Romawi kontribusi besar terhadap perkembangan peradaban Barat. Latin, bahasa Romawi, menyebar ke seluruh bagian kekaisaran Barat. Bahkan setelah jatuhnya kekaisaran di Barat, Latin tetap menjadi bahasa umum orang terpelajar serta bahasa Gereja Katolik Roma, hukum, kedokteran, dan ilmu pengetahuan. Alfabet Latin diadopsi oleh sebagian besar bahasa-bahasa Eropa. Latin itu sendiri adalah nenek moyang dari bahasa Perancis, Italia, Spanyol, Portugis, dan Rumania modern, yang disebut sebagai bahasa Romantis karena asal usulnya dari bahasa Romawi.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s