Legenda Munculnya Kota Roma Kuno

Tanggal tradisional yang diklaim oleh orang-orang Romawi sebagai tanggal pendirian kota mereka adalah 753 SM. Menurut legenda, kota Roma didirikan oleh keturunan dari pangeran Trojan, Aeneas, yang melarikan diri ke Italia setelah kota Troy dihancurkan oleh orang Yunani selama Perang Troya.

Remus RemulusPendiri legendaris itu adalah Romulus. Dia dan saudara kembarnya, Remus, telah ditinggalkan ketika masih bayi dan diselamatkan oleh seekor serigala betina, yang merawat mereka seperti anaknya sendiri.

Setelah tumbuh dewasa, mereka memutuskan untuk membangun sebuah kota di dekat tempat di mana serigala itu telah menyelamatkan mereka. Keduanya tidak setuju dengan lokasi pembangunan, dan masing-masing membangun kota di lokasi yang terpisah. Kemudian mereka bertengkar dan Remus tewas.

Romulus menjadi raja pertama dari kota yang dinamai sesuai namanya. Menurut legenda lain, orang-orang Romawi awal, yang tidak memiliki istri, menculik perempuan yang belum menikah dari bangsa Sabin tetangga mereka untuk dijadikan istri mereka.

Terlepas dari legenda, ada kemungkinan bahwa Roma awalnya terdiri atas beberapa desa kecil yang terletak di bukit-bukit di samping Sungai Tiber, dekat pantai barat Italia tengah. Kota ini terletak di dataran subur yang disebut Latium. Lokasi Roma, di persimpangan jalan alami Italia, membantu pertumbuhannya. Bukit-bukit menjaga jalan dan mempermudah orang-orang Roma untuk mempertahankan diri. Dataran Latium menyediakan makanan untuk pertumbuhan populasi, yang segera meluas di seluruh Tiber.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s