Apa Itu Defisiensi Nutrisi?

Di banyak bagian dunia, kekurangan gizi merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling serius. Ketika anak-anak tidak mendapatkan makanan sehat, mereka tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Orang dewasa juga akan menderita kelaparan. Mereka akan turun berat badannya dan memiliki sedikit energi untuk melakukan aktivitas. Mereka juga akan memiliki pertahanan yang buruk terhadap penyakit menular. Di seluruh dunia, lebih dari 800 juta orang kekurangan gizi.

Makanan SehatDi Amerika Serikat dan negara-negara industri lainnya, makan terlalu banyak sering menjadi masalah. Makan berlebihan menyebabkan obesitas (kegemukan yang berlebihan) dan memberikan kontribusi pada penyakit jantung, diabetes, dan kondisi berbahaya lainnya. Obesitas telah meningkat selama beberapa dekade terakhir. Pada tahun 2000, hampir satu dari tiga orang dewasa Amerika menderita obesitas.

Nutrisi yang baik bukan sekedar makan dalam jumlah yang tepat. Orang juga perlu mengonsumsi jenis makanan yang tepat. Protein, karbohidrat, dan lemak diperlukan untuk pertumbuhan, perbaikan, dan fungsi tubuh lainnya. Juga, nutrisi menghasilkan blok bangunan kimiawi yang penting. Air juga sangat penting.

Vitamin dan mineral penting dalam reaksi kimia tubuh. Kurang mengonsumsi vitamin atau mineral tertentu dapat mengakibatkan penyakit defisiensi. Misalnya, kekurangan kalsium atau kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyakit tulang seperti rakhitis dan osteoporosis. Kekurangan vitamin juga dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit kudis, beri-beri, dan pellagra.

Dokter biasanya akan meresepkan suplemen vitamin atau mineral untuk mengatasi penyakit defisiensi. Beberapa orang mengonsumsi pil vitamin sendiri. Tapi banyak ahli medis mengatakan bahwa makan makanan seimbang adalah cara terbaik untuk menghindari penyakit gizi.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s