Mengenal Perekonomian Kota Paris

Sebagai ibukota Perancis, Paris adalah pusat ekonomi yang paling penting di negara itu. Markas sebagian besar perusahaan terbesar Perancis terletak di sana. Industri jasa adalah sektor yang paling penting yang berpusat di Paris. Sektor ini meliputi operasi pemerintah nasional dan kota serta fasilitas pendidikan umum dari sekolah hingga perguruan tinggi.

Paris KotaParis juga merupakan pusat keuangan Perancis dan markas BNP Paribas, salah satu bank terbesar di dunia. Tapi industri terkait turis sejauh ini membentuk segmen terbesar dari ekonomi kota dan mempekerjakan sebagian besar orang. Department store, butik desainer, toko parfum, galeri seni, museum, monumen, klub malam, kafe, restoran, hotel, toko buku, dan toko-toko suvenir hanyalah beberapa dari seluruh daya tarik yang bisa dinikmati di Paris.

Sekitar seperempat dari semua manufaktur Perancis berpusat di Paris. Mobil, peralatan mesin, barang listrik dan elektronik, bahan kimia, dan makanan olahan diproduksi terutama di pinggiran kota Paris. Barang-barang mewah yang terkenal juga banyak yang dibuat di atau dekat Paris. Contohnya antara lain parfum, perhiasan, barang kulit halus, dan pakaian haute couture (fashion papan atas).

Nama-nama desainer kenamaan Paris antara lain Chanel, Givenchy, dan Christian, Pierre Cardin, Christian Lacroix, Yves Saint Laurent, Comme des Garçons, Jean-Paul Gaultier, dan Nina Ricci. Mereka semua adalah nama besar yang membantu menjadikan Paris sebagai kiblat fashion dunia.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s