Apa yang Dimaksud dengan Galaksi?

Galaksi adalah kumpulan besar dari bintang, gas, dan debu yang diikat bersama oleh gravitasi. Mereka hadir di seluruh alam semesta. Bahkan, mereka dianggap sebagai blok bangunan alam semesta. Individu galaksi muncul dalam kelompok yang disebut kelompok galaksi, yang mengumpul untuk membentuk superkluster. Dan superkluster menghubungkan satu sama lain untuk membentuk filamen dan lembar. Struktur ini menyerupai jaring laba-laba. Celah dalam jaring laba-laba kosmik ini disebut void.

GalaksiGalaksi berlokasi sangat jauh, sehingga sulit bagi kita untuk melihat mereka secara rinci. Dan mereka berubah dengan sangat lambat, sehingga sulit untuk memahami bagaimana mereka berevolusi. Untuk mengatasi kesulitan ini, para ilmuwan menggunakan teleskop yang kuat dan instrumen lainnya untuk mendeteksi cahaya yang tampak dan jenis radiasi lain yang dipancarkan oleh galaksi yang jauh.

Biasanya, galaksi begitu jauh hingga radiasi ini memakan waktu lama untuk mencapai instrumen. Hal ini karena cahaya bergerak perlahan relatif terhadap jarak yang harus ditempuh. Bahkan, cahaya membutuhkan waktu begitu lama untuk menempuh jarak astronomi sehingga melihat jauh ke ruang angkasa adalah sama dengan melihat ke masa lalu.

Dengan mempelajari radiasi yang dipancarkan oleh galaksi dari periode waktu yang berbeda, para ilmuwan mengumpulkan petunjuk tentang sejarah alam semesta. Para ilmuwan bekerja dengan superkomputer untuk mengetahui apakah petunjuk ini cocok dengan pemikiran-pemikiran mereka tentang asal-usul, evolusi, dan nasib alam semesta.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s