Penyebab Terjadinya Aurora dan Foto-foto Aurora yang Menakjubkan

Cahaya aurora telah mempesona dan membuat heran peradaban manusia selama berabad-abad. Pertunjukan cahaya yang memukau ini merupakan hasil alami dari partikel sinar matahari yang bergerak cepat saat memasuki atmosfer terluar bumi.

Aurora Rainbow Colors Pelangi

Aurora pernah dipercayai oleh peradaban kuno sebagai tanda dari para dewa-dewa, aurora tercipta saat medan magnet bumi memanipulasi partikel dari ruang angkasa. Partikel-partikel ini bertabrakan dengan gas alam di atmosfer kita, yang kemudian menciptakan cahaya aurora sebagai hasilnya. Artikel terkait : Mengapa Langit Berwarna Biru?

Bagaimana cara kerja aurora?

Matahari terus-menerus memancarkan partikel bermuatan elektrik yang disebut dengan ion di dalam aliran plasma, atau gas terionisasi, yang dikenal sebagai angin surya (Solar Wind). Medan magnet bumi bertindak sebagai perisai terhadap angin surya dengan menangkap partikel berenergi tinggi ini dan kemudian menyalurkan mereka di sekitar bumi, membentuk sebuah gelembung pelindung yang disebut magnetosfer.

Aurora dilihat dari luar angkasa

Secara singkatnya begini : bumi memiliki medan magnetik yang berfungsi melindungi bumi dari paparan berbagai energi di luar angkasa. Nah, Matahari memancarkan aliran partikel-partikel yang mengalir secara terus menerus dan bermuatan elektrik menuju menuju ke segala arah (termasuk ke bumi dan planet-planet lainnya). Saat partikel-partikel ini mendekati bumi, mereka berinteraksi dengan medan magnetik bumi. Medan magnetik bumi membelokkan sebagian besar partikel-partikel matahari yang mengarah ke bumi.

Namun, beberapa partikel yang tersaring melewati magnetosfer. Partikel tersebut kemudian turun ke atmosfer bumi, memberikan energi ke molekul oksigen dan nitrogen di sana, dan menarik elektron dari molekul gas tersebut. Karena elektron bersemangat kembali ke keadaan normal mereka, mereka melepaskan foton, atau semburan kecil energi dalam bentuk cahaya.

Cahaya ini akan terlihat dalam bentuk aurora, juga dikenal sebagai aurora kutub atau aurora polar.

Dimanakah Anda dapat melihat keindahan Aurora?

Karena partikel tertarik oleh magnetisme kutub bumi aurora hanya dapat disaksikan di daerah dekat Kutub Utara dan Selatan. Aurora Australis, yang juga disebut sebagai cahaya selatan, hanya dapat terlihat dari garis lintang selatan yang tinggi di Antartika, Amerika Selatan dan Australia.

Aurora Borealis, yang juga dikenal sebagai cahaya utara, hanya dapat terlihat di belahan bumi bagian utara, dan kesempatan untuk melihat aurora semakin meningkat manakala Anda semakin dekat ke arah Kutub Utara. Tempat terbaik untuk menyaksikan aurora adalah Alaska, Kanada dan Skandinavia, menurut NASA.

Karena intensitas cahaya yang rendah, aurora hanya dapat dilihat pada malam hari, dengan aktivitas yang semakin tinggi mendekati tengah malam. Aurora dapat bergerak dan berubah bentuk dengan cepat, tetapi biasanya terlihat dengan bentuk untaian cahaya panjang yang membentang di langit untuk sebagian besar malam. Artikel terkait : Jika di Luar Angkasa Tidak Ada Udara, Mengapa Ada Udara di Bumi?

Aurora biasanya muncul dengan nyala yang berpendar, dengan corak warna hijau pucat jeruk nipis. Akan tetapi, sebagaimana energi terbentuk dalam medan magnet, terkadang aurora mengeluarkan rentetan arus listrik. Hal Ini disebut dengan substorm, dan menghasilkan cahaya berdenyut dalam nuansa warna merah, warna fuchsia, ungu, ametis, warna biru laut dan warna putih.

Berikut ini beberapa gambar terjadinya aurora yang menghiasi langit malam dengan penuh keindahan, Tentunya Anda ingin melihat cahaya aurora yang menakjubkan bukan? Klik tanda panah dibawah ini untuk menyaksikan foto-foto Aurora.

next

Advertisements

2 thoughts on “Penyebab Terjadinya Aurora dan Foto-foto Aurora yang Menakjubkan

    1. Little Light Post author

      Hmm…mungkin secara singkatnya gini : matahari memancarkan partikel munuju bumi, karena bumi memiliki sistem pertahanan antara lain medan magnetik bumi dan atmosfer, maka sebagianbesar partikel-partikel yang berasal dari matahari ini dapat terhalau. Dan hasil dari kegiatan energi magnetik ini yaitu terjadinya aurora yang bisa di lihat di area kutub magnetik bumi.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s