Hujan dan Salju Sebagai Bentuk Curah Hujan

Langit diselimuti awan gelap. Udara terasa berat dan basah. Burung berhenti bernyanyi dan menghilang dari pandangan. Segera hujan atau salju akan jatuh dari langit yang akan bergantung pada suhu, angin, dan awan. Hujan dan salju adalah bentuk yang paling umum dari curah hujan. Curah hujan adalah kelembaban yang jatuh dari awan dan mencapai tanah.

Curah HujanAir menguap ketika dipanaskan oleh matahari. Ini berarti bahwa air berubah dari cair menjadi uap atau gas. Air menguap dari sungai, danau, lautan dan dari tanaman dan tanah basah. Uap air dibawa ke atas oleh udara hangat. Ketika udara hangat naik, ia akan mendingin dan mulai kehilangan uap air.

Uap air mengumpulkan partikel-partikel debu kecil di udara. Titik kecil air kemudian terbentuk. Hal ini disebut kondensasi. Jika suhu udara berada di bawah titik beku, uap air dapat membentuk kristal es. Titik kecil air dan kristal membentuk awan.

Kebanyakan awan hujan terdiri atas kristal es. Lainnya mengandung campuran air dan es. Di daerah tropis, awan hanya mengandung titik air. Kristal atau titik air menarik satu sama lain dan tetap terikat bersama-sama. Ketika mereka semakin membesar, mereka akan berbenturan satu sama lain, tetap terikat bersama-sama, dan menjadi lebih besar. Dan ketika titik air atau kristal cukup berat, mereka akan jatuh dari langit sebagai hujan atau salju.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s