Penangkapan dan Penyimpanan Energi dalam Sel

Semua makhluk hidup mendapat energi dari molekul makanan. Di planet kita, sebagian besar makanan mendapatkan energi dari matahari. Tanaman dan organisme fotosintetik lain menangkap energi matahari menggunakan pigmen. Yang paling umum adalah klorofil. Pigmen segera menyalurkan energi pada molekul pembawa. Molekul pembawa ini menggunakan energi untuk merakit molekul karbon dioksida menjadi molekul makanan seperti gula.

Sel selSebaliknya, organisme yang paling non-fotosintetik harus menyerap makanan mereka. Dengan kata lain, mereka harus makan.

Salah satu pengecualiannya adalah organisme bersel tunggal yang disebut Archaea. Beberapa Archaea membuat makanan mereka sendiri. Dan beberapa dari mereka melakukannya dengan menggunakan energi dari bahan kimia anorganik seperti hidrogen sulfida, bukan sinar matahari. Para ilmuwan menyebut jenis produksi pangan ini sebagai kemosintesis.

Banyak organisme yang mengandalkan kelangsungan penyediaan nutrisi. Akibatnya, beberapa jenis penyimpanan energi sangat penting. Energi dapat disimpan saat sel atau organisme mengambil lebih banyak energi (molekul makanan) daripada yang diperlukannya pada saat tertentu.

Baik tanaman maupun hewan menyimpan gula tambahan dalam bentuk polisakarida. Ini adalah gula berantai panjang. Sel tumbuhan menghubungkan bersama molekul gula ke dalam polisakarida yang dikenal sebagai pati. Sel hewan menghubungkan molekul gula tambahan mereka ke dalam glikogen polisakarida. Selain itu, sel hewan dan beberapa sel tumbuhan dapat mengubah gula menjadi lemak, atau lipid.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s