Bagaimana Genealogi Bisa Menjadi Hobi?

Genealogi adalah studi tentang sejarah keluarga seseorang. Pada akhir dekade 1800-an, ada peningkatan jumlah orang Amerika yang tertarik untuk meneliti sejarah keluarga mereka. Banyak yang bangga karena kerabat mereka pernah bertugas di Revolusi Amerika atau Perang Saudara. Organisasi yang disebut ‘komunitas garis silsilah’ menjadi populer selama periode ini. Di antara yang paling terkenal adalah National Society of the Daughters of the American Revolution (DAR), sebuah organisasi bagi perempuan.

SilsilahUntuk bisa bergabung dengan DAR, seorang wanita harus meneliti nenek moyangnya. Dia harus membuktikan bahwa dia memiliki garis keturunan langsung dengan seseorang yang membantu Amerika Serikat menjadi negara merdeka. Garis keturunan langsung adalah hubungan langsung ke nenek moyang, bukan koneksi melalui perkawinan. Komunitas genealogi terkenal lainnya antara lain Sons of Union Veterans of the Civil War, United Daughters of the Confederacy, dan General Society of Mayflower Descendants..

Minat akan silsilah melonjak pada tahun 1976 dengan publikasi buku Alex Haley berjudul Roots. Buku ini adalah best-seller yang kemudian menjadi salah satu miniseri paling populer dalam sejarah televisi. Ceritanya menjelaskan warisan dan sejarah keluarga Afrika-Amerika Haley, yang sangat dipengaruhi oleh institusi perbudakan. Banyak orang yang terinspirasi oleh Roots dan oleh kebanggaan Haley terhadap nenek moyangnya.

Ketika komputer pribadi mulai digunakan pada awal 1980-an, program perangkat lunak genealogi diciptakan. Program-program itu mempermudah penelitian dan pelacakan sejarah keluarga seseorang. Semakin banyak orang mulai mengejar silsilah sebagai hobi.

Kemudian Internet menambahkan dimensi baru untuk penelitian silsilah. Sekarang orang dapat berhubungan langsung dengan anggota keluarga atau teman-teman yang lama terpisah di seluruh dunia, langsung dari rumah mereka sendiri. Bahkan genealogi mulai dapat mencari database online untuk nenek moyang seseorang. Karena itulah, genealogi telah menjadi salah satu hobi yang paling populer di dunia saat ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s