Seluk Beluk Kota Madrid di Spanyol

Madrid terletak di dataran tinggi berangin yang secara geografis hampir berada tepat di tengah Spanyol. Dengan populasi lebih dari 3.000.000 jiwa, Madrid adalah kota terbesar di Spanyol dan salah satu dari kota-kota terbesar di Eropa.

MadridMoor, orang Muslim yang menginvasi Spanyol pada abad ke-8, membangun sebuah desa berbenteng di situs Madrid masa kini. Ditaklukkan pada tahun 1083 oleh Alfonso VI, raja Leon dan Castile, Madrid tetap menjadi tempat yang penting sampai tahun 1561. Pada tahun itu, Raja Philip II menjadikan Madrid sebagai pusat kerajaannya yang luas. Madrid menjadi ibukota Spanyol sejak saat itu, kecuali untuk periode singkat (1601-1606) ketika pengadilan dipindahkan ke Valladolid.

Sebagian besar kota yang luas ini dibangun pada era 1600-an dan 1700-an. Bagian ini, yang dulunya dikelilingi oleh dinding, dikenal sebagai Old Madrid. Madrid telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dengan menganeksasi masyarakat sekitar.

Di tengah Old Madrid ada plaza yang disebut Puerta del Sol (Gerbang Matahari). Jalan-jalan menyebar dari Puerta del Sol seperti sinar matahari. Jalan-jalan itu mengarah ke barat ke Gedung Opera, Plaza Mayor (Main Plaza), dan Royal Palace dan Armory. Plaza Mayor adalah alun-alun bersejarah lainnya yang dibangun pada dekade 1600-an sebagai semacam teater terbuka. Dari balkon bangunan sekitarnya, bangsawan dan raja-raja dulu menyaksikan festival, adu banteng, pacuan kuda, dan upacara.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s