Kehidupan di Desa dan Kota Bolivia

Bolivia adalah sebuah negara yang terkurung daratan di barat tengah Amerika Selatan. Ukurannya sekitar tiga kali ukuran negara bagian Amerika Serikat, Montana. Bolivia dikelilingi oleh Brasil di utara dan timur; Paraguay dan Argentina di selatan; serta Chili dan Peru di barat. Bolivia merupakan salah satu negara tertinggi di dunia, dan wilayahnya didominasi oleh puncak pegunungan Andes.

Kehidupan di Desa dan Kota BoliviaKehidupan pedesaan

Daerah pedesaan Bolivia dihuni kebanyakan oleh masyarakat adat. Hidup mereka umumnya keras. Keluarga tinggal di rumah satu kamar dari batu bata lumpur atau panggang yang disebut adobe. Mereka biasanya bergantung pada pertanian subsisten untuk bertahan hidup. Petani pedesaan ini menggunakan peralatan tradisional, seperti bajak yang ditarik oleh hewan. Sebagian besar tanah tidak cocok untuk pertanian produktif.

Anak-anak juga bekerja di sawah serta menggembalakan kawanan llama dan alpaca. Hewan berleher panjang ini memiliki hubungan dengan unta dan hanya ditemukan di Andes. Orang-orang Indian menggunakannya sebagai hewan pengangkut. Daging serta bulunya juga biasa dimanfaatkan.

Kehidupan perkotaan

Populasi perkotaan Bolivia telah berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan dua-pertiga dari semua warga Bolivia kini tinggal di kota-kota. Pertumbuhan ini sebagian besar disebabkan orang-orang yang ingin meninggalkan kehidupan yang keras di pedesaan untuk mencari kehidupan yang lebih baik di kota-kota. Akibatnya, urbanisasi di Bolivia semakin meningkat.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s