Perubahan Lingkungan dan Keseimbangan Alam

Pandangan awal ekologi difokuskan pada gagasan yang disebut keseimbangan alam. Kepercayaan utamanya adalah bahwa semua sistem ekologi tetap terjaga dengan seimbang melalui sistem yang dimiliki alam. Kita sekarang tahu bahwa sistem ekologi terus berubah. Beberapa sistem mengalami perubahan yang bisa diprediksi. Namun, perubahan-perubahan itu dapat terganggu pada waktu yang tak terduga.

AlamBeberapa ekosistem mungkin relatif konstan untuk waktu yang lama. Tapi perubahan akan terjadi. Spesies baru bisa datang, menyebabkan yang lainnya mati. Nutrisi dapat dibawa oleh banjir atau kebakaran, memberi manfaat pada beberapa organisme tetapi merugikan yang lain. Atau penyakit dapat menyebar melalui populasi, secara drastis mengurangi jumlahnya.

Ekologi membedakan antara perubahan “normal” yang disebabkan oleh variasi lingkungan alam dan perubahan dramatis yang biasanya karena campur tangan manusia. Perubahan normal kadang-kadang disebut gangguan alam. Gangguan tersebut bisa berupa angin topan, kebakaran, dan banjir.

Meskipun mengganggu, mereka juga memberikan manfaat. Banjir, misalnya, dapat membantu menjaga kadar nutrisi di daerah pesisir, meningkatkan produktivitas tanaman, dan menjaga keanekaragaman ikan. Sebuah sistem ekologi yang sehat tidak dirugikan oleh gangguan alam selama berada dalam batas-batas yang wajar.

Sebaliknya, aktivitas manusia dapat menyebabkan perubahan dramatis. Kegiatan seperti pembalakan hutan atau pembangunan rumah di sepanjang garis pantai bisa menyebabkan kepunahan spesies atau memberi gangguan pada fungsi ekosistem alami. Misalnya, perubahan penggunaan lahan yang bisa menggandakan frekuensi banjir dan kebakaran -atau justru menghilangkannya sepenuhnya- bisa menyebabkan kerusakan permanen pada ekosistem.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s