Apa yang Dimaksud dengan Ekologi Komunitas?

Salah satu pertanyaan paling tua yang oleh para ahli ekologi berusaha untuk dijawab adalah mengapa ada begitu banyak jenis hewan? Pada dasarnya ini adalah karena berbagai karakteristik di setiap lingkungan menyokong dan mempertahankan berbagai makhluk hidup. Dan tak ada dua lingkungan yang sama persis.

Ekologi KomunitasEkologi komunitas berusaha untuk memahami bagaimana dan mengapa lingkungan tertentu mampu mendukung berbagai tanaman dan hewan tertentu; dengan kata lain, keanekaragaman hayati. Para ahli ekologi mempelajari tanah, saluran air, hutan, dan lainnya. Mereka telah menemukan bahwa lingkungan yang bervariasi memungkinkan banyak jenis organisme untuk bertahan hidup. Misalnya, garis pantai laut kaya akan spesies invertebrata laut karena ada banyak habitat yang berbeda di daerah-daerah semacam itu.

Penelitian dalam ekologi komunitas juga berfokus pada interaksi predator dan mangsa mereka. Penelitian tersebut juga mengkaji jaring makanan, yang merupakan deskripsi tentang bagaimana tanaman dan hewan digunakan untuk makanan oleh organisme lain di lingkungan mereka. Jaring makanan jarang yang sederhana, seperti misalnya, kelinci makan semanggi dan kemudian coyote memakan kelinci.

Jaring makanan biasanya cukup kompleks. Para ahli ekologi bekerja untuk memahami mengapa beberapa lingkungan memiliki jaring makanan yang lebih kompleks daripada yang lain. Mereka juga ingin tahu apakah kompleksitas jaring makanan mempengaruhi kesehatan jangka panjang dari suatu ekosistem tertentu.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s