Apa Itu Ekologi Populasi?

Populasi tanaman dan binatang tidak sama di setiap lingkungan, bahkan ketika jenis organisme di suatu lingkungan adalah sama. Ukuran populasi bisa besar atau kecil, tergantung pada faktor-faktor seperti sumber makanan dan air. Interaksi organisme satu sama lain dapat mempengaruhi ukuran populasi.

EkologiDan interaksi semacam itu dapat dipengaruhi oleh medan atau ancaman dari para predator. Individu juga bisa gagal atau berhasil dalam menghasilkan keturunan, tergantung pada kondisi cuaca, penyakit, atau faktor-faktor lainnya.

Karakter-karakter dari populasi tanaman dan binatang ini dipelajari oleh ahli ekologi populasi. Mereka biasanya fokus pada satu spesies (jenis) dari tanaman atau hewan, mencoba untuk menentukan faktor-faktor apa yang mempengaruhi perilaku organisme, ukuran populasi, dan keberhasilan reproduksi. Beberapa faktor bisa diketahui dengan jelas, seperti ketika kebakaran atau banjir tiba-tiba membatasi pertumbuhan penduduk

Sedangkan faktor-faktor lain lebih sulit untuk diidentifikasi. Misalnya, sifat-sifat genetik yang halus juga dapat mempengaruhi pertumbuhan penduduk. Sifat-sifat ini dapat membuat beberapa individu lebih mungkin untuk bertahan dari perubahan iklim atau untuk menyelamatkan diri dari predator.

Beberapa ahli ekologi populasi bahkan mempelajari spesies yang punah. Mereka disebut sebagai Ahli Paleoekologi. Mereka mengumpulkan bukti fosil, termasuk materi genetik yang bisa ditemukan. Mereka merekonstruksi sejarah organisme yang punah. Dan mereka mencoba untuk menentukan apa yang menyebabkan suatu spesies mati dan punah.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s