Mengenal Demam Tifoid dan Bahaya yang Ditimbulkannya

Demam tifoid atau tifus adalah infeksi lambung dan usus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebut Salmonella typhosa. Pasien akan terserang demam yang naik tinggi dan lebih tinggi lagi selama sekitar tiga minggu. Selama demam terus meningkat, korban tifus bisa saja menderita mimisan, batuk, sembelit atau diare, dan bintik-bintik kemerahan di atas perut. Pada kasus yang berat, infeksi dapat memakan dinding usus, menyebabkan rasa sakit yang parah, pendarahan serius, dan kadang-kadang kematian.

Demam TifoidTinja pasien tifus adalah sumber infeksi yang berbahaya bagi orang lain. Di tempat-tempat di mana orang mendapatkan air minum seperti dari sumur dangkal, kolam, atau sungai, ada bahaya berupa bakteri tifus yang dapat masuk ke dalam sumber pasokan air dari toilet luar atau septic tank.

Mengonsumsi kerang yang hidup di air yang terkontaminasi dengan kotoran dapat membuat seseorang terkena penyakit tifus. Lalat juga dapat membawa bakteri tifus. Bakteri tifus juga dapat hidup dalam makanan, seperti susu.

Kadang-kadang bakteri tifus akan tetap berada di tubuh korban tifoid setelah sembuh dari penyakit ini. Organisme itu akan keluar dari tubuh seseorang dalam tinja dan dapat mencemari air dan makanan, menyebarkan penyakit tifus pada orang lain. Orang-orang yang membawa bakteri tifus dalam tubuh mereka tetapi tidak terkena penyakit tifus disebut sebagai operator tifus. Sebuah antibiotik yang disebut kloramfenikol digunakan untuk mengobati tifus. Antibiotik ini telah mencegah banyak kematian tifus. Ada juga vaksinasi untuk melawan tifoid.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s