Cara Hidup Penduduk Kepulauan Pasifik

Banyak warga Kepulauan Pasifik hidup dalam rumah yang berjenis sama, makan makanan yang berjenis sama, dan memakai pakaian berjenis sama seperti yang dikenakan nenek moyang mereka. Kebanyakan orang Pasifik memiliki kode etik dan perilaku yang berakar dalam adat tradisional.

Kepulauan PasifikBeberapa kode etik itu antara lain fa’a Samoa (cara Samoa) dan te katei ni Kiribati (adat Kiribati). Kode etik ini mencakup nilai-nilai dan perilaku keluarga dan masyarakat, serta aturan untuk kepemilikan tanah. Meskipun di masa lalu pria biasanya mendominasi kehidupan politik dan ekonomi, saat ini banyak wanita yang telah menjadi tokoh masyarakat dan nasional.

Kebanyakan penduduk Kepulauan Pasifik hidup di desa-desa pertanian atau perikanan kecil. Komunitas ini terdiri atas keluarga yang saling terhubung selama ratusan tahun. Akibatnya, warga desa mengenal satu sama lain dan hubungan kekerabatannya dekat. Warga desa memiliki berbagai tingkat akses menuju kota kecil, kota besar, dan pusat transportasi. Akses paling sulit dialami oleh warga Papua Nugini di dataran tinggi dan daerah terpencil lainnya.

Kota kecil dan kota besar di Pasifik dikembangkan di sekitar pemukiman kolonial dan misionaris atau stasiun militer. Kebanyakan kota berukuran kecil. Selandia Baru memiliki beberapa kota besar, seperti Auckland dan Christchurch. Kota-kota lain antara lain Honolulu di Hawaii, Noumea di Kaledonia Baru, Papeete di Polinesia Prancis, Port Moresby di Papua Nugini, dan Suva di Fiji.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s